Viral Alasan Millen Cyrus Ogah Lakukan Operasi Kelamin: Lebih Enak Normal Aja

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Milen Cyrus buka-bukaan soal alasannya tak mau menjalani operasi kelamin meski berstatus transpuan.

Pasalnya, Millen menilai operasi alat kelamin sangat berisiko dan membutuhkan persiapan psikologis serta banyak pertimbangan lainnya. Millen mengetahuinya setelah berkonsultasi dengan dokter tentang beberapa operasi alat kelamin.

Dari konsultasi tersebut, Millen mengetahui ada dua teknik yang sering digunakan saat seorang transgender membutuhkan operasi penggantian kelamin. Yang pertama menggunakan skin graft atau cangkok dari kulit Mr P dan yang kedua melalui teknik laparoskopi menggunakan usus yang akan dihubungkan dengan sistem pencernaan manusia.

Setelah mempelajari kedua teknik tersebut, Millen benar-benar ragu dan sedikit gugup. Jadi dia memutuskan untuk menjadi orang biasa.

“Jadi (laparoskopi) bisa mengeluarkan cairan, malah memperparah baunya. Tapi malah bisa menghasilkan cairan,” kata Millen saat menjadi tamu podcast, @wesomeposted, Minggu (21/7/2024).

“Jika cangkok kulit bagian dalamnya kering, perlu menggunakan pelumas. Itu hanya menggosok kulit ke kulit. Makanya lebih baik bersikap biasa saja, lanjutnya.

Transpuan berusia 24 tahun ini pun mengungkap sisi gelap para transgender saat menjalani operasi kelamin. Selain lebih berbeda secara psikologis, para transgender yang pernah menjalani operasi kelamin punya dunianya sendiri.

Hal inilah yang membuat Millen sulit menyesuaikan diri dengan komunitas transgender. Faktanya, banyak yang tidak setuju dengan keputusannya. Faktanya, transgender yang menjalani operasi di Indonesia sangat sedikit.

“Kalau dibelah, kadang terlihat berbeda, seperti tidak nyambung. Itu ada di dunianya sendiri,” ujarnya.

Makanya kalau berani potong, harus berani mental. Secara psikologis, semuanya berubah. Beda orang beda kasus dan tidak sesederhana itu. Saya tidak menghakimi, saya tidak menghakimi orang transgender yang potong. “Tergantung masing-masing orang,” lanjut Millan.

Millen berani membeberkan fakta soal operasi kelamin karena berkonsultasi langsung dengan dokter.

“Tapi umumnya dokter akan memastikan kalau mau dipotong, kalau yakin tidak bisa kembali.” Iya, sejujurnya kalau aku punya komitmen, aku tak mau memotongnya. kata Millen.

“Jadi kalau ada yang menghina saya, mau dipotong, pergilah. Kenapa saya bilang begitu karena saya sudah konsultasi langsung dengan dokternya, pungkas Celebgram.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours