Simak! 6 Misi Ridwan Kamil-Suswono Jadikan Jakarta Kota Global

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kamal-Suswono (Rido), calon bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta, resmi menyerahkan dokumen visi dan misinya ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta. Dokumen yang diserahkan sepanjang 65 halaman.

Juru Bicara RIDO Bernardus ‘Bernie’ Jonoputro mengatakan pada Minggu (15/9/2024) bahwa “visi yang diusung pasangan RIDO adalah Jakarta baru, dengan komunitas bisnis yang berkembang.”

Bernie menjelaskan, pasangan RIDO melakukan enam misi. Pertama, pasangan RIDO akan membentuk manusia Pancasila yang sama-sama berdaya saing, berdaya, dan berkeadaban tinggi.

Kata kuncinya adalah ketahanan keluarga, pengelolaan kependudukan, ruang publik, universitas dan pusat penelitian kelas dunia, kesetaraan gender dan pendidikan budaya.

Kedua, kunci membangun kota global yang berketahanan adalah ketahanan bencana, pemberdayaan masyarakat, urbanisasi, mobilisasi Jabdetabekpunjur dan konektivitas global.

Ketiga, keduanya akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kemiskinan ekstrim, keramahan, investasi, kemudahan berusaha, ketahanan pangan, destinasi internasional, kesempatan kerja, daya beli, usaha kecil dan menengah dan kewirausahaan, akses terhadap modal, pasar dan subyek tradisional, dan upah yang layak adalah kata-kata kuncinya.

Keempat, membangun kota layak huni kelas dunia dengan infrastruktur berkelanjutan. Kata kuncinya adalah Harmonisasi Tata Ruang, Perumahan Terjangkau, Infrastruktur Perkotaan, Green Roadmap, Pencapaian SDGs, Air Bersih, Udara Bersih, Angkutan Umum Terpadu dan Sampah Terjangkau, Zero Sanitation dan Transit Direction (TOD) Pembangunan Sanitasi.

Kelima, memberikan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Jakarta. Kata kuncinya adalah rehabilitasi perkotaan, akses last mile, redistribusi kegiatan ke enam kota/kabupaten administratif, percepatan pembangunan Kepulauan Seribu, dan pengurangan kesenjangan.

Terakhir, RIDO akan menciptakan pemerintahan yang transparan, transformatif dan proaktif. Kata kuncinya adalah birokrasi, profesionalisme, pemerintahan yang bersih dan akuntabilitas, kerjasama, demokrasi, transformasi digital, inovasi keuangan untuk pembangunan.

Bernie mengatakan visi dan misi tersebut diharapkan dapat mengatasi berbagai tekanan di Jakarta. Hal ini antara lain tingginya biaya kebutuhan pokok, terbatasnya kesempatan kerja, korupsi dan kualitas pelayanan birokrasi, kemacetan lalu lintas, dan banjir.

Sekadar informasi, RIDO telah menyampaikan dokumen visi dan misinya sesuai aturan yang ditetapkan KPUD sebelum Minggu (8/9/2024). Sebab, Minggu merupakan hari terakhir penyerahan dokumen visi dan misi calon gubernur (kagub) dan wakil gubernur (kawagub) Jakarta.

Visi dan Misi Ridwan Kamil-Suswono selengkapnya: bit.ly/VisiMisiRIDO

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours