Mahasiswa Catat! Ini 8 Tips Menghindari Plagiarisme Membuat Karya Tulis

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Berikut 8 tips menghindari plagiarisme dalam menulis sebuah karya tulis. Plagiarisme merupakan hal yang patut dihindari dalam dunia akademis, khususnya dalam penulisan sebuah karya tulis. Civitas akademika, termasuk mahasiswa, hendaknya menjaga tulisannya tetap orisinal. Artikel kali ini akan membahas 8 tips menghindari plagiarisme pada karya tulis Anda, simak yuk untuk menghindari plagiarisme saat menulis!

Dikutip dari Instagram @kemdikbud.ri, berikut delapan tips menghindari plagiarisme saat menulis esai:

1. Pelajari prinsip menulis yang baik

Pelajari dan tunjukkan keterampilan menulis yang baik yang dapat mengungkapkan ide dengan kata-kata yang berbeda dari media yang digunakan. Keterampilan menulis yang buruk dapat menyebabkan plagiarisme tidak terdeteksi. Jadi, Anda harus menulis dengan kata-kata Anda sendiri.

2. Tambahkan referensi

Anda dapat memilih gaya penulisan seperti APA, ML atau Chicago. Menulis dapat disesuaikan dengan mata pelajaran ilmiah dan pembelajaran yang baik. Selain itu, Anda dapat menemukan contoh gaya penulisan di majalah terkini.

3. Jelaskan dengan kata-katamu sendiri

Tulis ulang sumber yang dipilih dengan kata-kata Anda sendiri. Sebaiknya bandingkan dengan teks aslinya dan jangan lupa sertakan sumber aslinya.

4. Hindari manipulasi informasi

Saat mengutip sumber, jangan mengubah informasi dari sumber aslinya, termasuk teks, grafik, gambar, musik, atau video

Tulis ulang sumber yang dipilih dengan kata-kata Anda sendiri. Sebaiknya bandingkan dengan teks aslinya dan jangan lupa sertakan sumber aslinya.

5. Minta izin untuk menggunakan teks

Jika Anda menggunakan sebagian besar teks orang lain, cobalah meminta izin dan berikan penghargaan yang sesuai pada karya tulis Anda.

6. Manfaatkan bantuan yang tersedia

Anda juga dapat menggunakan pusat penulisan universitas, sumber online, dan instruktur kursus. Tujuannya agar tulisan Anda semakin indah.

7. Kembangkan gaya penulisan yang unik

Anda bisa menggunakan gaya penulisan yang unik agar tulisan Anda lebih menarik.

8. Gunakan tanda kutip

Jika Anda ragu dengan surat tersebut, coba gunakan referensi dan sumber referensi. Ini tandanya Anda telah mengutip sumbernya sebagai karya tulis.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours