Pemerintah siap gelar HLF MSP di Bali

Estimated read time 2 min read

Badung, Bali (ANTARA) – Pemerintah siap menggelar forum tingkat tinggi kemitraan multipihak (HLF MSP) 2024 pada 1-3. September 2024 di Bali.

Deputi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bogat Widyatmoko mengatakan forum tersebut merupakan peristiwa penting untuk memperkuat kerja sama pembangunan global yang lebih inklusif, efektif, dan berkelanjutan.

Ketiga hal tersebut menjadi motivasi Indonesia menghadapi tantangan global dan mewujudkan transformasi pembangunan dan inklusi.

“Bertemakan Penguatan Kemitraan Multi-Stakeholder: Menuju Perubahan Transformasional, HLF MSP 2024 menjadi landasan Future Summit yang akan diselenggarakan di New York pada 22-23 September 2024,” ujarnya di Badung, Bali, Sabtu. .

Hingga saat ini, sebanyak 1.275 peserta dari 26 negara telah mendeklarasikan keikutsertaannya dalam HLF MSP.

Jumlah tersebut terdiri dari perwakilan pemerintah 782 orang, organisasi internasional 102 orang, lembaga swadaya masyarakat 107 orang, swasta 128 orang, filantropis 8 orang, think tank 9 orang, asosiasi akademik 56 orang, bank multilateral 9 orang, dan pejabat keamanan 70 orang.

Jumlah ini melampaui target awal sebanyak 1.000 peserta, sehingga menunjukkan antusiasme yang tinggi dari berbagai pihak.

Bogat menambahkan, HLF MSP 2024 juga akan menghadirkan 102 pembicara global dari berbagai latar belakang, antara lain pemerintah, swasta, akademisi, filantropis, LSM, dan organisasi internasional.

Selain itu, kegiatan tersebut didukung oleh 33 mitra yang siap mengikuti pameran, serta sistem keamanan siber dan fisik yang dipersiapkan dengan matang.

“Kami sangat optimistis jumlah peserta yang terus meningkat dalam beberapa hari terakhir menunjukkan antusiasme yang tinggi dari berbagai pihak,” ujarnya.

Presiden RI Joko Widodo rencananya akan menyambut seluruh perwakilan negara pada sesi makan malam selamat datang dan membuka sesi utama Joint Leaders Session (IAF) Indonesia-Afrika dan HLF MSP 2024 pada hari kedua.

Pleno tingkat tinggi pada hari kedua akan dibuka oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dilanjutkan dengan pidato utama oleh Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao.

Selain sesi utama, forum ini juga akan menyelenggarakan 12 acara paralel dan 17 acara sampingan yang akan berlangsung hingga 3 September 2024 di Bali International Convention Center, Nusa Dua.

Berbagai topik terkait pembangunan berkelanjutan akan dibahas dalam forum tersebut, termasuk strategi peningkatan kerja sama lintas sektor dan negara terkait tantangan global.

MSP HLF 2024 di Bali diharapkan menjadi platform yang efektif untuk mendorong dialog politik dan memperkuat komitmen global terhadap pembangunan berkelanjutan.

Dengan kehadiran berbagai pemangku kepentingan dari seluruh dunia, Indonesia berharap dapat memainkan peran penting dalam mendorong perubahan transformasional yang lebih inklusif dan berkelanjutan dalam skala global.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours