China sambut pembentukan pemerintahan transisi Bangladesh

Estimated read time 2 min read

MOSKOW (ANTARA) – China menyambut baik pembentukan pemerintahan transisi Bangladesh dan bersedia memperkuat kerja sama dengan negara tersebut, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Jumat.

Sebelumnya pada Kamis (8/8), ekonom Bangladesh dan peraih Hadiah Nobel Perdamaian Muhammad Yunus diangkat menjadi perdana menteri sementara negara tersebut.

“Tiongkok mencatat bahwa Bangladesh telah membentuk pemerintahan sementara dan kami menyambutnya. Tiongkok dengan tegas menganut prinsip tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri negara lain. Kami menjunjung kemerdekaan, kedaulatan, dan integritas wilayah Bangladesh. Kami menghormati Bangladesh.” jalur pembangunan yang dipilih secara bebas oleh masyarakat Bangladesh,” kata juru bicara tersebut ketika diminta mengomentari situasi di Bangladesh.

Juru bicara tersebut mengatakan Tiongkok terus mematuhi kebijakan “tetangga yang baik dan ramah” terhadap seluruh masyarakat Bangladesh dan menambahkan bahwa persahabatan antara kedua negara bersifat “jangka panjang dan mendalam”.

“Tiongkok menghargai hubungan dengan Bangladesh dan bersedia bekerja sama dengan Bangladesh untuk meningkatkan pertukaran bilateral dan kerja sama di berbagai bidang serta semakin memperkuat kemitraan strategis komprehensif kedua negara,” kata juru bicara tersebut.

Protes meletus di Dhaka dan di seluruh Bangladesh setelah Gerakan Anti-Diskriminasi Mahasiswa mengumumkan “tindakan non-kooperatif” dengan pihak berwenang pada hari Minggu.

Bentrokan antara mahasiswa, polisi, dan pendukung pemerintah berubah menjadi kerusuhan. Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengundurkan diri di tengah keributan.

Pada Senin (5/8), media memberitakan bahwa Hasina dan saudara perempuannya telah meninggalkan kediaman resmi mereka di Dhaka dan melarikan diri ke India, hal ini dibenarkan oleh Menteri Luar Negeri India Subramaniam Jaishankar.

Sumber: Sputnik-OANA

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours