Lemkapi: Jabatan Komjen di Polri bertambah karena tugas makin berat

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Strategis Kepolisian Republik Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mengatakan dengan adanya pangkat Komisaris Utama (Komjen) di Polri, maka tugas dan tanggung jawabnya semakin meningkat.

Kenaikan jabatan di lingkungan Polri kami lihat sebagai bagian dari kiprah Polri menuju Indonesia emas, ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, ekspektasi masyarakat terhadap Polri semakin meningkat, oleh karena itu tingkat profesionalisme Polri harus ditingkatkan.

Sekolah Pascasarjana Universitas Bhayangkara ini pun menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo yang menandatangani Keputusan Presiden Nomor 90 Tahun 2024 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Keputusan Presiden Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Keputusan 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Melalui Perpres Nomor 90 Tahun 2024, Asisten Operasi Kapolri (Asops) diubah menjadi Asisten Senior Kapolri Bidang Operasi (Astamaops) dan pangkatnya dinaikkan dari Irjen Pol (Irjen Pol). ucapnya kepada Komisaris Polisi (Komjen Pol).

Sementara itu, Asisten Perencanaan dan Anggaran Polri (Asrena) diangkat menjadi Asisten Kepala Polisi Perencanaan dan Anggaran (Astamarena) dan berpindah dari Kapolri menjadi Kapolri.

“Dengan demikian, jumlah jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal mencapai dua orang. Kami menerima perubahan ini. Kami melihat tugas dan tanggung jawab Astamaops dan Astamarena ke depan akan semakin rumit,” ujarnya.

Informasi yang dihimpun ANTARA, setidaknya ada 17 orang komisioner utama yang masih bertugas di Polri, dan terakhir adalah Kapolri Komjen Pol Papu. Mathews Derek Fakhiri yang diangkat menjadi Komisaris Utama.

Komjen sendiri merupakan pangkat polisi golongan perwira (Pati) dengan bintang tiga di pundaknya.

Jabatan Komisaris Utama satu pangkat di bawah Kepala Polisi dan satu pangkat di bawah Inspektur Jenderal (Chief Inspector).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours