Perbandingan VO2 Max Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Era Evan Dimas Dulu Menurut Indra Sjafri

Estimated read time 2 min read

Perbandingan VO2 Max pemain Timnas U-19 Indonesia dengan era Evan Dimas dan lainnya telah dipublikasikan sebelumnya oleh Indra Syafri. Seperti diketahui, Coach I.S sendiri memiliki pengalaman melatih timnas U-19 Indonesia pada periode saat ini dan masa lalu.

Selama beberapa tahun terakhir PSSI meningkatkan pengembangan potensi pemain muda melalui kelompok umur tim nasional (Timnas). Mereka menyebutnya U-16, U-17, U-19 hingga U-20.

Lambat laun, langkah-langkah ini membuahkan hasil yang menyenangkan. Saat ini, peristiwa penting mulai terjadi di timnas U-19.

VO2 Max untuk Pemain Timnas U-19. Pertandingan saat ini melawan Evan Dimas

FYI, VO2 Max merupakan acuan konsumsi oksigen tubuh saat melakukan aktivitas berat, termasuk berolahraga. Nah, tes VO2 Max sendiri biasanya dilakukan oleh para atlet yang aktif, termasuk para pemain sepak bola.

Perbandingan VO2 Max diungkap Indra Sjafri saat menjadi tamu podcast di channel YouTube Arya Sinulinga. Podcast bertajuk Ahli Taktik Timnas U-19 – Download Strategi Indra Sjafri telah terbit pada 2 Agustus 2024.

Podcast yang dibuat Indra Shafri bersama anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI ramai dibicarakan. Salah satunya fokus membandingkan kualitas pemain tim U-19 Indonesia periode saat ini yang kemarin menjuarai Piala Aff U-19 dengan tim U-19 periode sebelumnya.

Perbincangan bermula saat Arya menanyakan pandangan pelatih Indra terhadap tim muda Indonesia. Setelah itu Indra Syafri mencoba membandingkannya pada parameter VO2 Max.

“Itu berdasarkan data yang bagus, itu contoh. VO2 max Evan Dimas tahun 2013. VO2 max Evan Dimas hanya 63 dan hanya dia satu-satunya yang ada di tim. Di bawahnya ada 50, 53, benar. (kalau ) sekarang rata-ratanya 62,8,” kata Indra Syafri.

Selain VO2 Max, Indra Syafri juga menyoroti pertumbuhan pemain. Menurut dia, jika sebelumnya rata-rata indikatornya di bawah 170, kini menjadi 178,2. Yang tertinggi adalah 193, dan hampir semua penjaga gawang berusia 190.

Menanggapi perbandingan tersebut, Indra Sjafri menyebutnya sebagai kemajuan. Ia juga mengatakan, jika proses ini terus berjalan, maka aspek staf pelatih harus tetap berjalan.

FYI, Timnas U-19 Indonesia 2024 baru saja menjuarai Piala Aff U-19. Sebagian besar pelajar kini berangkat ke tim Indonesia U-20 yang keesokan harinya mengalahkan tim Argentina U-20.

Menurut Indra Syafri, ini analisis yang membandingkan VO2 Max pemain Timnas U-19 Indonesia dengan era Evan Dimas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours