Mitos dan Sejarah di Keraton Yogyakarta, Farel Tarek Ungkap Cerita Mistis Sultan dan Nyi Roro Kidul

Estimated read time 2 min read

Pharrell Tariq, seorang kreator konten yang kerap membahas sejarah unik, menawarkan riset menarik di Yogyakarta. Farrell kali ini mengunjungi Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, situs bersejarah yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkupono I pada tahun 1755. Farrell mengatakan, keraton ini merupakan salah satu keraton terbesar di Yogyakarta dan penuh cerita rahasia.

Salah satu cerita yang coba dibuktikan Farrell adalah persilangan pisang kembar di Alun-Alun Selatan yang diyakini hanya orang yang berhati suci yang bisa melewatinya namun tertutup. Meski Farrell yakin bisa melewati pohon itu, ia justru gagal, bahkan ibu-ibu di sekitarnya pun tertawa.

Farrell juga menegaskan dalam artikelnya bahwa pengunjung Istana tidak boleh mengenakan baju batik bermotif Garuda yang biasa dikenakan Sultan. Anehnya, Pharrell memilih mengenakan jersey timnas Indonesia sehingga menambah kesan fun dan santai pada busananya.

Usai berkeliling istana, Farrell melanjutkan perjalanan ke Taman Sari, sebuah situs bersejarah yang terkenal dengan kolam dan air mancur yang melambangkan kehidupan spiritual. Farrell mengungkapkan, di bawah Taman Sari terdapat kanal bernama Sumur Gumuleng yang konon merupakan tempat pertemuan Sultan Yogyakarta dan Nii Ruru Kidul.

Tak hanya fokus pada sejarah, Farrell juga mengunjungi Jalan Malioboro mengungkap asal usul namanya yang berasal dari kata Sansekerta “Malyabhara” dan kata Inggris “Marlborough”.

Farrell menginap di hostel di Yogya, Hubs Hostel yang direkomendasikan sebagai pilihan murah bagi wisatawan, dengan harga mulai Rp 100.000. Harganya yang terjangkau sangat cocok bagi traveler yang ingin menghemat biaya perjalanan.

Selain itu, hotel ini juga memberikan suasana hangat sehingga memudahkan para tamu untuk bertemu dan berinteraksi dengan wisatawan dari berbagai negara. Meski harganya murah, Hubs Hostel tetap memberikan akomodasi sempurna bagi para tamunya. Bagi anda yang ingin menyaksikan penelitian Farrell Tariq yang terkenal hanya di akun YouTube @farelogic.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours