Kapal Perang Tercanggih Rusia Muncul di Venezuela, Ada Apa?

Estimated read time 1 min read

CARACAS – Laksamana Gorshkov, salah satu kapal perang tercanggih Rusia yang mampu membawa rudal hipersonik, telah berlabuh di Venezuela sejak Selasa.

Kapal perang itu tiba bersama kapal tanker minyak Akademy Pashin. Keduanya berlabuh di La Guerra, bagian dari Armada Utara Rusia.

Belum jelas apa tujuan utama kehadiran kapal perang Moskow di Venezuela saat perang Rusia melawan Ukraina. Namun Venezuela dikenal sebagai negara yang bermusuhan dengan Amerika Serikat.

Kementerian Pertahanan Rusia berpendapat bahwa tujuan utama kunjungan kapal Armada Utara adalah untuk mengkonfirmasi keberadaan Angkatan Laut Moskow di wilayah operasi utama Samudra Atlantik.

Dua kapal, termasuk kapal selam bertenaga nuklir Rusia, mengunjungi Kuba bulan lalu setelah menyelesaikan pelatihan penggunaan senjata rudal presisi tinggi.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro adalah pendukung setia Presiden Rusia Vladimir Putin, yang ia gambarkan sebagai “kakak kami”.

Kunjungan kapal perang Rusia ini terjadi ketika Maduro berupaya untuk terpilih kembali pada pemilu 28 Juli.

Rusia adalah sekutu utama pemerintahan sayap kiri Maduro, yang telah memimpin keruntuhan ekonomi negara kaya minyak tersebut dan sanksi Barat yang bertujuan memaksa Maduro turun dari kekuasaan.

“Panggilan bisnis akan berlangsung selama beberapa hari, setelah itu para pelaut Armada Utara akan terus menjalankan tugasnya di perairan Samudera Atlantik,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours