Gantole – Jatim langsung boyong empat medali emas

Estimated read time 2 min read

Banda Aceh (Antara) – Tim Jatim berhasil meraih medali emas pada empat nomor cabang olahraga layang gantung Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera XXI 2024.

Upacara penghargaan pemenang (UPP) dilaksanakan pada Minggu di Bandara Rambele, Tekangon, Kabupaten Benar Maria, Aceh.

Keempat nomor perlombaan tersebut adalah Landing Precision (KTM) Kelas B, Cross Country (XC) Kelas A Perorangan, XC Kelas Perorangan B, dan XC Kelas Tim A.

Menurut atlet asal Jawa Timur Abdul Mustopa, kendala yang dihadapi selama ini hanyalah cuaca, terutama angin kencang yang membuat pesawat layang layang tidak bisa terbang.

Ini PON kelima saya. Emas masing-masing saya raih di PON Kalimantan Timur dan PON Riau, kata atlet kelahiran Bangalan, 4 Juni 1980 itu.

Mustopa yang juga Ketua Pon Aceh-Sumut dan Pengadilan Agama Tabanan Bali ini sudah mempersiapkan diri selama setahun untuk meraih emas di nomor individu dan beregu Kelas A XC.

“Untuk persiapannya saya sesuaikan latihannya dan latihan dulu di jumper. Namun, angin di sini kencang dan sering mendung. Jadi, saya tidak berani terbang tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Arik Sufyan Ganta Nareswara dari Jawa Timur yang meraih dua medali emas mengaku Pune Ach baru pertama kali mengikuti ajang olahraga nasional empat tahunan tersebut.

Terlebih, atlet kelahiran Surabaya, 5 Desember 1994 ini baru terjun di olahraga layang layang sejak tahun 2021 dan langsung berkesempatan mengikuti Pon Aceh-Sumut.

“Saya tidak menyangka dapat medali emas, tidak menyangka bisa naik podium, apalagi dua medali emas,” ujarnya.

Ayah satu anak ini berhasil menjuarai dua balapan, KTM Kelas B dan Individual XC Kelas B, dan menghadiahkannya kepada anak kesayangannya.

Masalahnya angin kencang, karena kecepatan rata-rata lebih dari 15 kilometer per jam. Lalu karena kontur tanahnya sering terjadi badai, ujarnya.

Selain empat medali emas, Jatim berhasil meraih dua medali perak dan satu perunggu, seperti KTM Kelas A, XC Beregu Kelas B, dan XC Kelas A No.

Cabang Olahraga Hang Gliding Pon XXI Aceh-Sumut mempertandingkan delapan nomor yaitu Ketepatan Mendarat (KTM) Kelas A dan B, Lintas Alam atau Cross Country (XC) Kelas A dan B.

Enam nomor pertandingan telah diselesaikan para atlet dan Upacara Penghargaan Pemenang (UPP) berlangsung pada Minggu (15/9) sore.

Kemudian nomor tim XC Kelas A dan B serta pertandingan periode Kelas A dan B baru dimulai Sabtu ini.

Sebanyak 43 atlet dari 15 provinsi yakni Aceh, Sumut, Sumbar, Sumsel, Banten, Jabar, DKI Jakarta, Jateng, dan Jatim mengikuti pertandingan layang layang yang digelar di PON Aceh-Sumut.

Setelahnya Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours