SIM Keliling tersedia di lima lokasi di Jakarta

Estimated read time 2 min read

JAKARTA (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya membuka lima pusat layanan surat izin mengemudi keliling (SIM) pada Jumat di wilayah Jakarta bagi masyarakat yang ingin mengajukan perpanjangan masa berlaku persyaratan sah mengemudi.

Layanan SIM keliling yang ditawarkan Polda Metro Jaya merupakan upaya untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus atau memenuhi segala kebutuhannya selama berkendara.

Akun resmi @tmcpoldametro X mengabarkan layanan ini dibuka mulai pukul 08:00 hingga 14:00 WIB.

Jakarta Timur: Mall Grand Cakung

Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata

Jakarta Utara: Direktorat Jenderal Pajak, Jalan Gatot Subroto

Jakarta Barat: Mal Citraland

Jakarta Pusat : Kantor Pos Lapangan Banteng

Dokumen yang perlu dibawa untuk SIM keliling antara lain KTP dan SIM asli, fotokopi, formulir permohonan, dan lulus pemeriksaan kesehatan dinas.

Layanan ini hanya tersedia untuk perpanjangan SIM A dan SIM C yang masih berlaku.

Petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Jakarta Barat mengajarkan tata tertib lalu lintas kepada pengendara sepeda motor setempat dalam rangka Operasi Patuh Jaya pada Senin (15/07/2024). ANTARA/HO-Polres Jakarta Barat/Bpk. Pemilik kartu SIM yang masa berlakunya habis harus mengajukan kartu SIM baru di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Untuk biaya perpanjangan, sesuai PP 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Penghasilan Masyarakat Bebas Pajak (PNBP) yang berlaku di Polri adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Selain biaya-biaya ini, pelamar juga harus membayar biaya tambahan lainnya. Biaya tes psikologi termasuk 37.500 rubel dan biaya asuransi 50.000 rubel.

Sebagai informasi, pengemudi yang tidak dapat memperoleh Surat Izin Mengemudi yang sah akan dikenakan sanksi sesuai ayat 2 Pasal 288 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan. Hukuman maksimumnya bisa satu bulan penjara atau denda hingga 250.000 rubel.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours