Wapres: Pasar Baru Tanjungpinang tingkatkan daya saing produk lokal

Estimated read time 2 min read

Tanjungpinang, Kepulauan Riau (ANTARA) – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin berharap kebangkitan pasar baru Encik Puan Perak di Tanjungpinang, Pulau Riau (Kepri), Provinsi Kepri akan mendongkrak persaingan produk lokal di daerah tersebut semakin meningkat.

“Apalagi Kepri, khususnya Tanjungpinang, memiliki potensi hasil laut dan wisata bahari yang besar,” kata Wapres, Senin, saat meresmikan Proyek Peningkatan Pasar Baru Encik Puan Perak di Tanjungpinang.

Oleh karena itu, kata dia, kehadiran pasar baru ini sangat strategis sebagai pusat jual beli makanan laut segar dan produk lokal berkualitas lainnya.

Ia optimis pasar baru akan memperkuat perekonomian masyarakat dan menjadi sumber pendapatan utama daerah.

Ia juga ingin memastikan Pasar Sentral dilengkapi dengan fasilitas modern, lingkungan yang bersih dan rapi, serta akses yang mudah bagi masyarakat sekitar pasar.

Ia juga mengimbau pemerintah setempat bersama pengelola pasar, pedagang, dan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pasar dalam jangka panjang. Dengan begitu, pasar baru ini dapat menjadi pilar penunjang kesejahteraan masyarakat setempat.

“Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung proyek kebangkitan pasar lokal untuk meningkatkan daya saing produk lokal, menyerap tenaga kerja, dan memperbaiki lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Ansar Ahmad yang mewakili masyarakat mengaku senang dengan fokus pemerintah pusat terhadap pembangunan infrastruktur di daerah, salah satunya revitalisasi Pasar Baru Encik Puan Perak.

Pasar Sentral Tanjungpinang dibangun Kementerian PUPR RI dengan total anggaran Rp 79 miliar dan luas pembangunan 7.700 meter persegi, kata Ansar.

“Pasar baru secara volume dapat mengurangi jumlah pasar di Kepri yang masuk kategori miskin,” kata Ansar.

Peresmian pasar baru di Gurindam ditandai dengan tombol sirine dan ditandatangani oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Direktur Jenderal Pemukiman Kembali Kementerian PUPR Diana Kusumastuti, Gubernur Riau Ansar Ahmad, dan Wali Kota Tanjungpinang Siregar Akting.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours