Mentan: Penguatan ketahanan pangan nasional antisipasi krisis

Estimated read time 2 min read

Palangka Raya (ANTARA) – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan upaya pemerintah untuk terus memperkuat ketahanan pangan nasional merupakan salah satu cara mengantisipasi potensi krisis pangan.

Amran Sulaiman, dari Kawasan Pengembangan Food Estate di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu menjelaskan, pemerintah menaruh perhatian terhadap ancaman krisis pangan, terutama di tengah ketidakpastian situasi geopolitik global dan perubahan iklim ekstrem.

“Inilah yang membuat khawatir presiden saat ini dan presiden terpilih,” ujarnya saat berkunjung ke kawasan Food Estate di distrik Dadahup.

Kunjungan kerja ke Dadahup ini dalam rangka menyelenggarakan rapat koordinasi optimalisasi lahan dan pembuatan sawah baru di Kantor Wilayah Sungai Kalimantan Tengah II, Kabupaten Kapuas. Turut mendampingi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Lebih lanjut Amran mengatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar kepada Kementerian Pertanian untuk memperkuat ketahanan pangan nasional, terutama melalui optimalisasi lahan dan produksi lahan sawah baru.

Meski demikian, ia menegaskan keberhasilan program ini memerlukan dukungan semua pihak. Oleh karena itu, rapat koordinasi ini juga dikaitkan dengan penandatanganan komitmen bersama pemangku kepentingan, untuk bersama-sama mendukung dan memantau operasional Perusahaan Percetakan Sawah Rakyat di Kalimantan Tengah.

“Sekarang kita sepakat, nanti kita tandatangani bersama,” tegasnya dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya.

Sebelumnya, Amran Sulaiman juga mengatakan Kalimantan Tengah bisa menjadi solusi Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Saya ulangi, solusi pangan Indonesia bisa diselesaikan dari Kalimantan Tengah,” tegasnya.

Ia melihat potensi besar lahan pertanian di Kalimantan Tengah. Target OLA di Kalimantan Tengah adalah sekitar 50.000 hektar yang tersebar di berbagai kabupaten. Baca Juga: Menteri PUPR: Usulan Anggaran Tambahan 2025 untuk Ketahanan Pangan Baca Juga: Mentan Bandingkan Swasembada Pangan Era Jokowi dengan Soeharto Baca Juga: Indef Sampaikan Tantangan Sektor Pertanian pada Pemerintahan Baru

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours