Apa Isi Gudang Senjata Rusia di Toropets yang Dihancurkan Drone Ukraina?

Estimated read time 3 min read

MOSKOW – Sebuah fasilitas di Toropet Rusia, yang diperbarui pada tahun 2018, diperkirakan menyimpan sejumlah besar peralatan militer, termasuk bahan peledak, artileri, dan roket.

Drone Ukraina melancarkan serangan terhadap gudang senjata utama Rusia di wilayah Tver pada Rabu pagi, yang kemungkinan merupakan serangan terbesar oleh militer Ukraina terhadap gudang senjata Moskow sejak awal tahun 2022.

Roket dari serangan tersebut sangat kuat sehingga stasiun pemantau seismik mendeteksinya sebagai gempa kecil, dan NASA mengumumkan bahwa instrumennya telah mendeteksi titik panas dari lokasi tersebut.

Diperkirakan pangkalan Toropet dapat menyimpan sekitar 30.000 ton senjata. Penghancuran amunisi yang disimpan kemungkinan besar akan berdampak negatif pada operasi tentara Rusia di utara.

Apa yang ada di gudang senjata Rusia di Toropet yang dihancurkan oleh drone Ukraina? Menurut EuroNews, penyimpanan senjata api dan bahan peledak diperbarui pada tahun 2018, dan situs di Toropec diperkirakan menyimpan sejumlah besar peralatan militer, termasuk bahan peledak, artileri, dan kembang api.

Menteri Pertahanan Senior Rusia Dmitry Bulgakov, yang ditangkap awal tahun ini atas tuduhan korupsi, mengatakan setelah renovasi bahwa situs tersebut memenuhi “standar internasional karena sangat reaktif” dan dapat melindungi dari rudal dan “bahkan serangan skala kecil.”

Luas waduk mencakup luas lebih dari 5 kilometer persegi dan luas lebih dari 12 kilometer persegi.

Rudal apa saja yang disimpan di lokasi ini? Kota Toropet terletak sekitar 470 kilometer sebelah utara perbatasan Ukraina. Penghancuran gudang amunisi kemungkinan besar akan berdampak negatif pada operasi militer Rusia di utara, termasuk pasokan pasukan ke Kursk, Belgorod, dan Bryansk.

2. Situs web Ukraina menyatakan bahwa rudal bom udara milik tentara masih disimpan di gudang. Dilaporkan bahwa militer di Toropet memiliki tangki bahan bakar, serta untuk sistem rudal Iskander, sistem rudal Tochka-U, dan sistem rudal. yang umpan rudal dan segala jenis rudal. lengan.

Andrei Kovalenko, direktur Pusat Anti-Disinformasi Ukraina, mengatakan bahwa selain amunisinya sendiri, Rusia juga mulai menyimpan amunisi Korea Utara di Toropets.

Citra satelit Maxar dengan jelas menunjukkan kerusakan akibat ledakan yang disebabkan oleh serangan pesawat tak berawak Ukraina, menurut gambar yang diberikan oleh kepala tim Rusia di Institute of War Fat (ISW).

Citra menunjukkan kepulan asap besar menutupi beberapa area, sementara jika dilihat lebih dekat ke tempat penyimpanan amunisi menunjukkan api terus menyebar dan mendekati beberapa bunker, serta George Barros milik ISW.

3. Melengkapi gudang bawah tanah Sebagian besar amunisi diperkirakan akan disimpan di bawah tanah, jadi pertanyaannya adalah apakah Ukraina menggunakan drone yang bisa masuk ke dalam bunker.

Karena asap tebal yang mengepul dari lokasi kejadian, penilaian kerusakan secara menyeluruh tidak dapat dilakukan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bunker tersebut hancur karena Moskow tidak mematuhi aturannya, seperti menempatkan bunker berdekatan.

Meskipun berulang kali mendesak negara-negara Barat untuk mencabut pembatasan penggunaan rudal jarak jauh di Rusia, Ukraina telah menggunakan drone yang diproduksi di dalam negeri untuk menyerang tempat-tempat sejauh 1.800 kilometer di Rusia, seperti yang terjadi di kota Orsk.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours