Rakornas Komisi Informasi ke-15, Komitmen Kawal Indonesia Indonesia Emas 2045

Estimated read time 1 min read

Banjarmasin – Komite Informasi (KI) Republik Indonesia menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Indonesia di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Rakornas dalam rangka mendorong koordinasi sebagai bentuk persiapan Indonesia Emas 2045.

“Tata kelola yang terbuka merupakan salah satu faktor kunci dalam mewujudkan RPJPN Indonesia Emas 2025-2045. “Karena informasi merupakan kebutuhan mendasar,” kata Ketua KI Pusat Donny Yosgiantoro, Kamis (13/6/2024).

Menurutnya, pengelolaan informasi publik penting sebagai upaya mengembangkan masyarakat informasi untuk meningkatkan daya saing global.

“Untuk itu, Komite Informasi perlu banyak penguatan dan harmonisasi kerangkanya

“Dalam menjalankan tanggung jawab dan peran KIP, juga dilakukan upaya untuk memaksimalkan keterbukaan informasi di Indonesia,” lanjut Doni.

Marsekal TNI Hadi Jahjanto, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan RI, mengatakan informasi berperan penting dalam mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan responsif terhadap aspirasi masyarakat.

“Kurangnya informasi menjadi salah satu pilar utama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Dengan memberikan informasi yang luas dan mudah kepada masyarakat, kita dapat mewujudkan pemerintahan yang transparan dan akuntabel,” kata Hadi.

Penyelenggaraan Rakornas KI ke-15 di Indonesia fokus pada agenda pembahasan isu-isu strategis terkait integrasi keterbukaan informasi publik dalam menata negara menuju Indonesia emas 2045.

Hasil diskusi ini akan dilanjutkan dengan publikasi usulan konkrit pada Rakornas ke-15.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours