6 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Berpotensi Besar Kerja di BUMN, Gaji Memadai

Estimated read time 2 min read

Jakarta – Berikut daftar 6 perguruan tinggi yang lulusannya berpotensi besar bekerja di BUMN. Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan dambaan banyak lulusan perguruan tinggi.

Mengapa BUMN? Tak hanya gaji yang terjamin, peluang kerja yang ditawarkan membuat banyak orang bercita-cita bekerja di BUMN setelah lulus kuliah. Dikutip dari lspr.ac.id Artikel ini membahas tentang daftar 6 perguruan tinggi yang lulusannya berpotensi bekerja di BUMN, simak yuk!

6 perguruan tinggi, perguruan tinggi yang lulusannya mempunyai potensi besar untuk bekerja di BUMN

1. Ilmu Komunikasi

Penting untuk mempelajari berbagai aspek komunikasi manusia, seperti media, organisasi, dan komunikasi interpersonal. Siswa akan diberikan pemahaman tentang cara menyampaikan informasi, pesan dan gambar secara efektif.

Lulusan spesialisasi ini sangat penting dalam membangun citra perusahaan. Setelah lulus, Anda bisa bekerja sebagai promotor, mengelola media sosial perusahaan, dan membuat strategi pemasaran di BUMN.

2. Ekonomi

Penting untuk mempelajari konsep dasar ekonomi, keuangan, bisnis dan manajemen. Siswa akan diberikan wawasan tentang bagaimana perusahaan beroperasi di pasar global dan bagaimana membuat keputusan yang efektif.

Lulusan ekonomi dibutuhkan di banyak perusahaan pelat merah. Setelah lulus Anda dapat bekerja sebagai Analis Kebijakan, Manajemen Keuangan dan Pengembangan Bisnis di Pertamina atau KAI.

3. Ilmu Hukum

Penting untuk mempelajari hukum dan peraturan yang mengatur masyarakat dan bisnis. Mahasiswa perlu memahami sistem hukum, kode etik, dan penegakan hukum.

Pengetahuan hukum yang kuat diperlukan untuk mematuhi peraturan dan menangani masalah hukum. Setelah lulus, Anda dapat bekerja sebagai penasihat hukum perusahaan atau berpartisipasi dalam proses legislatif di perusahaan milik negara.

4. Teknik Sipil

Saat ini banyak perusahaan milik negara yang bergerak di bidang konstruksi. Sebagian besar perusahaan ini penuh dengan lulusan teknik sipil.

Mahasiswa bidang ini akan belajar tentang perencanaan, perancangan, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur fisik seperti gedung dan jembatan. Contoh perusahaan milik negara antara lain PT Wijaya Karya dan PT Hutama Karya.

5. Penambangan

Siswa akan diberikan pemahaman tentang prinsip-prinsip pertambangan, pengelolaan sumber daya alam dan teknologi yang digunakan. Lulusan pertambangan dapat berpartisipasi dalam pengelolaan sumber daya alam yang berharga, pengelolaan operasi pertambangan, dan penelitian eksplorasi. Saat ini terdapat sejumlah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang pertambangan. Misalnya Freeport dan Antam.

6. Manajemen

BUMN merupakan perusahaan nasional besar yang memerlukan kemampuan kepemimpinan dan manajemen yang baik. Oleh karena itu, lulusan manajemen sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan negara.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours