FIK UI latih kader Puskesmas beri MPASI dengan rempah Lombok

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia, Puskesmas Jerowaru, Direktorat Pemberdayaan dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI), Keperawatan Anak, Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia dan BSI Konseling, untuk Pemberian ASI Normal ( MPASI) memperkenalkan pendekatan resep makanan pendamping Lombok (bumbu Lombok).

“AOG (Action Oriented Group) Rempah Lombok bertugas membantu memberikan MPASI yang sesuai kepada warga, karena staf bisa berdiskusi langsung dengan ibu-ibu secara mandiri dengan didampingi oleh fasilitator kami. Fajar Tri Waluyanti M.Kep., Sp.Kep.An pada Senin (23/9).

Rempah Lombok merupakan resep makanan pendamping ASI yang membantu para ibu untuk memilih sumber makanan yang tersedia dan cara memasaknya disesuaikan dengan pola makan sehari-hari ibu, berdasarkan makanan yang biasa terdapat dalam menu sehari-hari yang diberikan warga Lombok kebiasaan. Baca juga: Pakar: Ikan laut kaya akan asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Saya berharap rempah Lombok dapat membantu para ibu dalam menyiapkan MPASI yang kaya nutrisi sehingga stunting dapat dicegah dan anak dapat tumbuh dengan baik dan optimal.

Pada kegiatan ini petugas posyandu dilatih membentuk 4 kelompok kecil untuk menyampaikan langsung materi terkait rempah Lombok kepada masing-masing ibu dengan bantuan masing-masing pendamping posyandu. Setiap kelompok terdiri dari satu atau dua orang tenaga kesehatan dengan beberapa ibu Baduta (di bawah dua tahun).

Materi dikembangkan dan disampaikan oleh tim FIK UI dengan menggunakan buku dan leaflet Lombok Spice. Kegiatan pembelajaran langsung para petugas ini dipadukan dengan pelatihan langsung oleh petugas kesehatan dan ibu-ibu Baduta tentang pembuatan MPASI dengan bahan-bahan yang diadaptasi dari resep yang ada di buku Lombok Rempah. Baca juga: Ibu Tetap Tinggi Bisa Melahirkan Bayi Sehat “Kedatangan tim FIK UI dengan materi, buku, dan lembar masukan ini sejalan dengan program kerja (pukesmas) kami yang kesehariannya sedang mendampingi anak-anak. bersiap memberikan makanan tambahan. Buku Rempah Lombok, makanan intervensi bayi gizi buruk dalam beberapa minggu ke depan, ini bisa menjadi referensi,” kata Munawir Subhan, Puskesmas Jerowaru, kepala SKM.

Ingat, tim FIK UI dan ahli gizi Puskesmas berpesan untuk terus melakukan MPASI sehat sebagai upaya preventif. Baca Juga: Ahli Gizi Jelaskan Six Pas sebagai Metode Suplementasi. Baca juga: Jangan Gunakan Blender dengan ASI, Takut Bikin Diare.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours