Wamentan apresiasi Pemprov Jakarta mempertahankan pasar tradisional

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – Wakil Menteri Pertanian (Wamanton) Sudaryono mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang banyak mempertahankan dan tidak merelokasi pasar tradisional di wilayahnya.

“Di Jakarta kita apresiasi kepada PD (Perusahaan Daerah) Pasar Jaya dan Gubernur DKI Jakarta, dalam hal ini pasar tidak dipindahkan karena berbagai alasan, tidak ada. Jadi pasar tetap dipertahankan,” kata Wamentan saat acara. kunjungan kerja. Pasar Minggu, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, pasar tradisional memiliki banyak ciri khas, termasuk yang sudah ada sebelum Indonesia merdeka. Pasar biasanya terletak di lokasi strategis di tengah masyarakat.

Namun, ia menilai permasalahan yang kerap dihadapi pasar tradisional adalah konflik dengan otoritas setempat. Bupati atau walikota terkadang lebih memilih membangun mal atau apartemen dibandingkan pasar.

Sudaryono berharap banyak pasar tradisional yang terus dihidupkan atau direnovasi sehingga meningkatkan minat pembeli untuk terus berbelanja di pasar tradisional.

Selain itu, Wamentan juga mendorong pasar tradisional untuk mengatur jual beli secara digital. Ia menyarankan agar kegiatan food festival juga dilakukan di pasar tradisional agar food festival lebih meriah.

Ketua Umum Persatuan Pedagang Pasar Indonesia (APPSI) mengaku akan rutin mengunjungi pasar tradisional untuk meramaikan pasar dan menarik perhatian masyarakat terhadap pasar tradisional, bukan dalam kapasitasnya saat ini sebagai Wakil Menteri Pertanian.

Menurut Wamentan, berbelanja di pasar tradisional dan warung perumahan penting untuk menunjang perekonomian, terutama bagi masyarakat di pedesaan terpencil.

“Bagi sebagian elit atau masyarakat yang mungkin punya uang, uang mungkin kecil bagi mereka, tapi bagi masyarakat kita yang berada di pasar tradisional di pelosok, di pedesaan, bagi petani kecil, uang adalah besar bagi mereka atau rakyat kita.” Sudaryono juga mengatakan.

Menurutnya, diperlukan upaya dan kerja sama yang besar baik dari sisi regional maupun nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kerja sama antar kementerian dan otoritas juga sangat diperlukan.

Sudaryono akan terus mengunjungi pasar tradisional di Jakarta dan daerah lainnya. Kunjungan ini merupakan salah satu cara yang dilakukannya sejak dulu.

Ia mengharapkan semua pihak bisa saling membantu dengan berdagang di pasar tradisional dan real estate. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjaga eksistensi pasar.

“Tentunya banyak hal yang perlu kita perbaiki, tentunya peningkatan kesejahteraan masyarakat memerlukan banyak upaya dan kerjasama dari semua pihak, baik itu pemerintah daerah, pemerintah pusat, antar kementerian, lintas lembaga, semua harus terus dilakukan. lakukan itu.,’ dia juga berkata.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours