Selamat datang di Liverpool era Arne Slot

Estimated read time 6 min read

Jakarta (ANTARA) – Apa yang ditakutkan suporter Liverpool musim ini pasca kepergian Jurgen Klopp musim lalu tampaknya tidak benar, setidaknya di dua laga awal Liga Inggris tampak sukses.

Pelatih baru Arne Slott datang dengan beban berat di pundaknya. Para suporter mempercayai klub kesayangannya untuk kembali merajai Inggris atau setidaknya finis empat besar di musim pertamanya.

Tanpa ada pemain yang masuk, Arne merespons dengan berani. Dia memimpin Liverpool meraih dua clean sheet dalam kemenangan dan clean sheet, baik tandang maupun kandang.

Pertama, ia memimpin Liverpool meraih kemenangan pada pertandingan pertamanya sebagai pelatih saat mereka mencuri tiga poin dari tim promosi Ipswich Town di Portman Road dengan skor 2-0 melalui gol Diogo Jota dan Mohamed Salah.

Rekor tersebut menjadikannya manajer Liverpool pertama yang memenangkan pertandingan pertamanya di kompetisi resmi sejak era Gerard Houllier dan Roy Evans pada tahun 1998.

Manajer Liverpool asal Belanda Arne Slott menyaksikan para pemain melakukan pemanasan sebelum pertandingan sepak bola persahabatan antara Liverpool dan Sevilla di Stadion Anfield di Liverpool, barat laut Inggris hari ini 11 Agustus 2024. (ANTARA/AFP/Peter Powell)

Babak pertamanya sebagai kapten “Si Merah” kurang memuaskan. Namun memasuki babak kedua, ia melakukan perubahan cepat dengan memasukkan Ibrahima Konate menggantikan Jarrell Kuanza.

Permainan timnya telah berubah total. Lewat manuver cantik di sisi kanan, Jota melakukan sepakan memuakkan di depan gawang menyempurnakan umpan Salah hingga menjadi gol pertama musim manajer baru.

Beberapa menit kemudian, Salah tak mau ketinggalan mencetak gol di awal, hal yang kerap dilakukannya di musim keenamnya berseragam merah.

Pertandingan keduanya melawan Brentford di Anfield bahkan lebih baik lagi. Liverpool mengalahkan Brentford 2-0 melalui gol Luis Diaz dan Salah, menjadikan pelatih asal Belanda itu manajer pertama sejak 1991 yang memenangkan dua pertandingan pembuka kompetisi.

Berikutnya: Dua Trik Klopp

Gol ini menunjukkan dua taktik Klopp. Yang pertama adalah gol untuk serangan cepat, dan yang kedua adalah gol yang dimulai dari tekanan tinggi.

Meski Klopp Ball masih terlihat di permainan Liverpool, namun Arne Slot Ball juga menunjukkan tampilan permainannya yang elegan dan inovatif, dengan ‘one-touch pass’.

Taktik ini berkali-kali sangat efektif menghancurkan organisasi pertahanan tim besutan Thomas Frank.

Dalam pelaksanaannya, trik ini memerlukan aliran bola yang cepat dan pergerakan pemain yang lancar. Dan Liverpool berhasil melakukannya dengan cara yang sangat memanjakan mata, meski sayangnya beberapa di antaranya akhirnya mencetak gol.

Jika Klopp dikenal agresif dan kuat dalam lini pertahanan, maka Arne ingin menjadi sosok yang kalem dan cool.

Arne juga nampaknya merupakan sosok yang lebih “jahat”, jujur, dan lugas dibandingkan Klopp, terkadang ia kerap merasa kesal, misalnya saat pergantian pemain.

Mantan manajer Feyenoord itu hanya membuat dua pertandingan menggantikan bintang dan Scouser (kelahiran Liverpool) Trent Alexander-Arnold pada menit ke-70 dan digantikan oleh Conor Bradley.

Manajer Liverpool Arne Slott berbicara di lapangan dengan pemain Dominik Shoboslai selama pertandingan leg pertama melawan Real Betis di Stadion Akrisur pada 26 Juli 2024 di Pittsburgh, Pennsylvania. (Foto oleh Justin Berle / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP) (Getty Images via AFP/JUSTIN BERLE)

Ia pun melakukannya dengan menggantikan bintang lainnya, Mohamed Salah.

Di hadapan media-media Inggris, Arne tak segan-segan melontarkan kritik serius terhadap keinginan untuk memperbaiki keadaan, misalnya soal kemungkinan banyak cedera yang dialami pemain baru Federico Chiesa musim ini setelah pemain dengan riwayat cedera ACL tersebut.

“Ini bukan pertama kalinya media Inggris membesar-besarkan!” “Saya kira memang benar cedera ACL yang dialaminya akan bertahan lama, namun sebaliknya, saya rasa dia tidak mengalami cedera serius,” ujar pelatih berusia 45 tahun itu.

Dengan dua kemenangan dan dua clean sheet, performa Arne belum bisa dikatakan sempurna karena masih banyak hal yang perlu ditingkatkan.

Namun dua laga tersebut bisa menjadi contoh ‘selamat datang’ yang melegakan di musim manajemen baru di klub Merseyside Merah tersebut.

Berikutnya: Ujian sesungguhnya

Ujian sebenarnya

Setelah dua kemenangan dari dua pertandingan ketertinggalan, ujian sesungguhnya bagi Liverpool asuhan Arne Slott datang akhir pekan ini ketika mereka bertandang ke Old Trafford untuk menghadapi Manchester United (MU).

Old Trafford telah menjadi “taman bermain” bagi Mohamed Salah dan kawan-kawan. Namun dalam dua musim terakhir, mereka sulit meraih kemenangan di arena berjuluk Theatre of Dreams itu.

Memasuki pekan ketiga Liga Inggris 2022/2023, Old Trafford berubah menjadi mimpi buruk bagi Liverpool karena gagal meraih kemenangan di tiga laga awal setelah finis 1-2.

Pada musim tersebut, rentetan hasil buruk terus didera Liverpool hingga gagal finis di zona Liga Champions di penghujung musim.

Musim lalu Liverpool gagal mengalahkan MU. Diawali dengan laga akbar di Anfield, Liverpool dibungkam 3-4 di Old Trafford pada laga Piala FA pada laga berikutnya.

Bek Liverpool Sepp van den Berg (tengah) memimpin laga leg pertama melawan Manchester United di Stadion Williams-Brice di Columbia, Carolina Selatan, Amerika Serikat, Sabtu (8/3/2024). ANTARA/AFP/Peter Zay/am.

Momentum tersebut masih bisa dipertahankan jika Liverpool menang melawan MU di Liga Inggris. Namun, jari mereka kembali tergigit saat mampu berpisah hanya dalam satu arah.

Dua hasil buruk melawan “setan merah” sangat menyakitkan bagi Liverpool saat itu karena berdampak pada mentalitas tim.

Ruang ganti tim terlihat semakin terpuruk karena tersingkir dari Liga Europa usai disingkirkan Atalanta secara agregat 1-3, termasuk kalah pada leg pertama 0-3 di Anfield, lokasi terpopuler mereka.

Tersingkir dari Piala FA dan Liga Europa membuat fokus Liverpool bisa tertuju pada satu sisi, memberikan segala yang mereka miliki untuk menjuarai Liga Inggris.

Namun, hasilnya berkata lain. Hasil buruk melawan kompetisi besar MU dan tersingkirnya Atalanta di Liga Europa menjadi pukulan telak bagi mereka.

Selanjutnya: trofi Liga Inggris ke-20

Trofi Liga Inggris ke-20 terlepas dan jatuh ke tangan Manchester City setelah Liverpool mengalami serangkaian hasil buruk di pekan-pekan penting, dimulai dengan kekalahan 0-1 dari Crystal Palace di Anfield, kalah 0-2 dalam derby Merseyside melawan. Everton. dan dimainkan oleh West Ham United dan skornya 2-2.

Di penghujung pekan ini, Arne berpeluang kembali membuktikan tajinya. Ia diminta memastikan apakah dua kemenangan Liverpool menjadi bukti kecemerlangannya atau hanya bagian dari ‘bulan madu’ sebelum memasuki jeda internasional dua pekan.

Pelatih berusia 45 tahun itu menjadi MU paling berbahaya dari Eric ten Haag pada pramusim di Amerika, di mana mereka menang 3-0.

Saat ditanya mengenai hal tersebut kepada Arne, Arne mengatakan bahwa permainan tersebut tidak berpengaruh pada jalannya pertandingan di Old Trafford.

File foto – Para pemain Liverpool saat laga Liga Europa melawan Linzer ASK di Anfield di Liverpool, Inggris (30/11/2023). (ANTARA/AFP/Oli Scarff/aa) Kemenangan pada laga tiga gol tersebut diraih timnya karena dimainkan di tempat netral dan banyak menampilkan pemain muda, situasi yang sangat berbeda dengan yang terjadi pada pertandingan sebelumnya Minggu.

“Jadi Anda tidak bisa membandingkan pertandingan itu dengan pertandingan pada hari Minggu,” katanya.

Ini adalah Derby Barat Laut pertamanya. Selain pertandingan De Klassiker antara Feyenoord dan Ajax Amsterdam di Belanda, ia juga mengetahui pentingnya pertandingan antara Liverpool dan Manchester United bagi para pemain dan fans.

“Jika Anda mulai bekerja di Liverpool, semua orang tahu, setiap pemain jadi tahu, dan setiap manajer jadi tahu pentingnya pertandingan melawan United,” kata Arne.

Sama seperti ketika Anda bekerja di Feyenoord, seberapa besar pertandingan melawan Ajax, tutupnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours