Prancis dan AS desak semua pihak di Timur Tengah hindari eskalasi

Estimated read time 2 min read

Ankara (Antara) – Prancis dan Amerika Serikat pada Kamis (19/9) meminta semua pihak di Timur Tengah menahan diri dari tindakan berlebihan.

Menteri Luar Negeri AS Anthony Blanken mengatakan dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Prancis Stephen Sejon bahwa Prancis dan Amerika Serikat bekerja sama untuk menenangkan dan mengurangi ketegangan di Timur Tengah, khususnya di Lebanon. Paris

Blanken mengatakan AS dan Prancis akan terus berupaya mencapai gencatan senjata di Gaza karena menurutnya hal itu masih mungkin dan perlu.

Namun, meski sudah mengindikasikan gencatan senjata, mereka tidak ingin ada tindakan agresif dari kedua belah pihak yang membuat gencatan senjata semakin sulit.

Calon Menteri Luar Negeri Prancis, Sejourne, mengatakan bahwa mereka sangat prihatin dengan situasi yang sedang berlangsung di Timur Tengah dan berulang kali meminta semua pihak untuk mengurangi kekerasan.

Sejourn menyatakan dukungannya terhadap rakyat Lebanon dan menekankan: Lebanon penting bagi Prancis.

Ketegangan antara Israel dan Hizbullah meningkat dalam beberapa hari terakhir setelah serangkaian ledakan pada hari Rabu merusak peralatan nirkabel ICOM di Lebanon, menewaskan 25 orang dan melukai 450 orang.

Ledakan ini terjadi setelah ledakan serupa pada perangkat pager pada Selasa menewaskan 12 orang, termasuk dua anak-anak, melukai 2.800 orang, dan menyebabkan 300 orang dalam kondisi kritis.

Pemerintah Lebanon dan Hizbullah menyalahkan Israel atas ledakan pager tersebut dan mengancam akan menimbulkan konsekuensi yang mengerikan.

Belum ada pernyataan langsung dari Israel mengenai ledakan yang terjadi selama pertempuran di sepanjang perbatasan antara Israel dan Hizbullah.

Perang mematikan Israel di Jalur Gaza telah merenggut 41.300 nyawa, sebagian besar perempuan dan anak-anak, sejak serangan 7 Oktober oleh Hamas di seberang perbatasan.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours