Erick: PSSI-KNVB jalin kemitraan untuk pengembangan tim nasional

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Presiden PSSI Eric Thohir mengatakan pihaknya dan Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) menjalin kerja sama untuk memajukan sepak bola Indonesia, khususnya tim nasional.

Minggu depan kita akan melihat secara resmi KNVB menandatangani kerja sama dengan PSSI, kata Eric Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu.

Menteri BUMN mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan pengalaman timnas putra dan putri Indonesia di usia berapa pun.

Menurut Eric, kerja sama ini akan mempertemukan tim PSSI dan KNVB kedua negara untuk melakoni laga persahabatan.

Bahkan, pada 25 Oktober 2024, tim putri Indonesia akan bertanding melawan tim putri Belanda di Belanda atas undangan KNVB.

Menurut Eric, timnas Belanda dan Indonesia juga akan bertanding, namun tidak dalam waktu dekat.

“Mereka (Timnas Belanda) akan datang sekarang. Mereka kini lolos ke Piala Dunia 2026.”

Kemudian Eric menyampaikan bahwa KNVB juga akan ikut serta dalam meningkatkan kerja guru di Indonesia.

KNVB akan melatih para ahli nasional dari seluruh Indonesia untuk menetapkan standar tertinggi pendidikan nasional.

Eric mengatakan, “Jumlah guru di Indonesia sangat sedikit, hanya 12.000 orang dibandingkan Jepang yang memiliki 76.000 guru, padahal kita negara besar.”

PSSI dan KNVB sudah terhubung sejak tahun 2022, terutama saat KNVB menjadi tuan rumah Festival Oranje Indonesia di Jakarta pada bulan September.

Pada Oktober 2022, PSSI yang diwakili Direktur Teknik Indra Sjafri mengunjungi markas KNVB di Belanda untuk membahas pemantauan bakat, pembinaan, pengembangan pemain muda, sepak bola wanita, dan manajemen timnas.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours