85 Persen Perusahaan Pernah Terserang Ransomware, Ini Pentingnya Sistem Backup

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Serangan siber saat ini menjadi tantangan besar bagi perusahaan. 85 persen perusahaan telah mengalami setidaknya satu serangan siber ransomware dalam satu tahun terakhir. Menurut Laporan Tren Perlindungan Data Veeam 2023, setidaknya 93 persen serangan ini menargetkan area penyimpanan cadangan.

Hal ini mengharuskan perusahaan dan perusahaan untuk meningkatkan keamanan data mereka. Tentunya sistem keamanan ini memerlukan beberapa lapisan yang dapat melindungi data-data penting perusahaan. Dalam hal ini, backup data merupakan lapisan terakhir dalam sistem keamanan digital.

Melalui acara Meet Eat Inspire (MENS) bertema ‘Optimalisasi Cadangan Data dengan Next Generation Data Center’ yang digelar Hypernet Technologies di JS Luwansa Hotel & Convention Center Jakarta pada Kamis (12/9/2024), para pelaku bisnis mendapat beberapa solusi.

Beberapa pembicara ahli hadir untuk memberikan presentasi dan edukasi, yaitu ISG Sr Solutions Architect Lenovo William, Strategic Presales Veeam Regilang Monyka Putra dan Financial Services Sales Business Partner Dept Head Hypernet Technologies Ibnu Malik.

Menurut Strategic Presales Veeam Regilang Monyka Putra, ada tiga hal yang harus dilakukan perusahaan untuk mencegah kehilangan data akibat serangan siber. Pertama, lindungi data dengan backup, deteksi serangan, dan lakukan verifikasi untuk memastikan proses pemulihan berjalan lancar.

Senada dengan Veeam, ISG Sr Solutions Architect Lenovo William juga menekankan pentingnya melindungi jaringan dan perangkat yang digunakan oleh karyawan dalam organisasi. Sebab, sebagian besar pintu masuk serangan siber berasal dari email atau tautan di internet. Oleh karena itu, diperlukan perlindungan berlapis untuk mencegah kehilangan dan pencurian data.

Mengingat berbagai tantangan yang dihadapi bisnis, Hypernet Technologies telah bermitra dengan Veeam dan Lenovo untuk mengedukasi pentingnya memaksimalkan cadangan data. Selain itu, juga memberikan ruang bagi pengusaha dan perusahaan untuk mendiskusikan solusi terbaik atas keadaan dan situasi yang mereka hadapi.

Untuk informasi detail mengenai berbagai layanan keamanan siber dan perkembangan terkini terkait Hypernet Technologies, kunjungi website www.hypernet.co.id atau saluran media sosial resmi Hypernet Technologies di LinkedIn, Facebook, dan Instagram @hypernet.technologies.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours