Tips Wujudkan Rumah Pertama buat Anak Muda, Manfaatkan KPR Solusi BRI

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Sebagai tempat berlindung, rumah merupakan kebutuhan pokok yang wajib dimiliki setiap orang. Namun harga-harga yang terus meningkat membuat generasi muda masa kini sulit memiliki rumah, apalagi harga kebutuhan rumah tangga yang terus meningkat akibat inflasi.

Meskipun harga terus naik, ada beberapa alasan yang perlu Anda ingat agar Anda tidak menunda rencana pembelian rumah. Pertama, harganya terus meningkat, bahkan di kota besar pun harga 1 rumah di atas Rp 1 miliar.

Maka perumahan bagi masyarakat berpendapatan rendah dapat dipertimbangkan untuk menunda pembelian apartemen. Belum lagi bertambahnya usia juga perlu diperhitungkan, apalagi jika Anda berencana membeli rumah secara mencicil karena batas usia untuk melunasi pinjaman biasanya adalah 55 tahun.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin menunda-nunda dan ingin segera membeli rumah pertama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Disiplin menabung untuk uang muka

Meski cicilan membantu, Anda juga perlu menyiapkan uang muka yang besarnya tergantung harga rumah yang ingin Anda beli. Agar tidak keberatan dengan syarat uang muka (DP), usahakan disiplin menabung dan sedikit berhemat.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melindungi penghasilan Anda dengan memisahkan penghasilan Anda. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda juga dapat menagih pembayaran dengan cepat.

2. Pilih lokasi yang strategis

Periksa kembali lokasi rumah yang ingin Anda beli. Selain menjamin keterjangkauan, jangan lupa untuk mengedepankan aksesibilitas strategis, terutama aksesibilitas menuju tempat kerja dan fasilitas umum lainnya seperti sekolah, pasar, mall, rumah sakit, dan lain-lain.

Waspadai juga risiko banjir atau tanah longsor saat mengecek lokasi rumah idaman agar terhindar dari bahaya.

3. Perbaiki situasi keuangan

Yang paling penting adalah menyesuaikan rumah impian Anda dengan situasi keuangan dan anggaran Anda. Sebelum membeli rumah, pahami situasi keuangan Anda dengan membuat anggaran jangka panjang. Dimungkinkan juga untuk memperkirakan peningkatan pendapatan di tahun-tahun mendatang.

Tak perlu khawatir, bagi Anda yang ingin segera membeli rumah pertama, Anda juga bisa memanfaatkan rangkaian solusi KPR BRI. Solusi KPR merupakan produk khusus KPR yang dapat membantu Anda membeli properti lelang/non lelang baik rumah tinggal, apartemen, pertokoan, bangunan komersial maupun properti berkembang lainnya.

Gambar: dok. BRI

Produk (real estate) balai lelang yang Anda miliki dapat dilihat di website Lelang BRI Info. Dengan Solusi KPR BRI, Anda dapat mencicil dengan uang muka 0% atau sesuai ketentuan BI dan BRI LTV sehingga memudahkan investasi.

Suku bunga yang ditawarkan bervariasi dengan jangka waktu maksimal 25 tahun. Anda juga terbebas dari biaya dan beban administrasi selama menikmati layanan ini.

Untuk mengajukan KPR BRI Solosi, Anda harus memenuhi kriteria sebagai Warga Negara Indonesia, berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah, tidak memiliki hutang di bank mana pun, dan jika sudah menikah, Anda dapat ikut serta dalam pendapatan bersama pasangan. .

Promosi ini berlaku mulai 1 Juli hingga 30 September 2024. Cara mengajukan solusi KPR mudah, cukup ikuti langkah berikut:

◊ Buka website atau aplikasi informasi lelang BRI

◊ Daftar di situs lelang.go.di dan bayar biaya lelang (tim bank BRI akan membantu calon pembeli)

◊ Mendaftar untuk mengajukan solusi KPR dari BRI (Keputusan permohonan KPR dari bank BRI paling lambat H-2 sejak tanggal lelang)

◊ Jika Anda memenangkan proses lelang, Anda akan diminta membayar harga lelang yang telah disepakati.

◊ Pada periode ini, kontrak penerapan solusi KPR juga akan selesai

◊ Pembayaran rumah lelang akan dilakukan oleh BRI sesuai perjanjian pelunasan KPR dengan KPKNL

◊ Selesai, Anda boleh tinggal di rumah jika mau

Apa yang kamu tunggu? Manfaatkan solusi KPR BRI sekarang juga untuk wujudkan impian kepemilikan rumah pertama Anda!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours