Sejumlah akun bisnis hotel diretas, PHRI lapor ke Siber Bareskrim

Estimated read time 2 min read

Surabaya (ANTARA) – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) pada Minggu (8 November) membenarkan adanya peretasan akun Google Bisnis di beberapa hotel di Indonesia dan segera melaporkan kepada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. . Ketua Harian PHRI Surabaya (Korwil), Puguh Sugeng Sutrisno mengatakan, “Peretasan ini tidak hanya terjadi di Surabaya, beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Denpasar, dan Makassar juga terkena dampak peretasan tersebut.” Mendapat ANTARA pada hari Senin dihubungi di Surabaya.

Menindaklanjuti kasus tersebut, lanjutnya, Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani segera melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib, dalam hal ini Polri.

Hari ini pemimpin tertinggi kita, Pak Hariyadi Sukamdani, akan mendatangi Bareskrim Polri untuk melaporkan hal tersebut, ujarnya. Baca Juga: PHRI Waspadai Pelemahan Rupiah Bali Terhadap Dolar AS Mereka menduga peretasan dilakukan warga sekitar saat nomor WhatsApp (WA) beberapa hotel yang tertera di akun Google bisnisnya diganti. juga nomor telepon lokal.

“Kami belum bisa pastikan kepastiannya, namun diduga dilakukan oleh warga sekitar karena nomor yang diubah juga diteruskan ke nomor lokal bahkan rekening bank di salah satu jaringan MMC pun ikut diubah. Persatuan Bank-Bank Negara (Himbara),” ujarnya.

Puguh di kawasan timur Indonesia dilaporkan diretas dengan mengubah nomor rekening bank hotel menjadi rekening pribadi.

“Kami mendapat informasi dari salah satu bank pemerintah. Ternyata itu transaksi ke nomor rekening pribadi asal Indonesia bagian timur. Baca juga: PHRI Minta Pemerintah Klarifikasi Produk Apa Pun yang Terkait Israel.

“Hotel di Bandung ada sekitar 35, di Surabaya ada beberapa, termasuk hotel besar. Nomornya akan segera saya update,” kata Puguh.

Selain itu, pihaknya berencana akan menginformasikan kepada Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur selain laporan yang disiapkan di pusat.

“Saya kira akan lebih kuat jika setiap kabupaten melaporkan kejadian ini. Baca juga: PHRI prediksi okupansi hotel meningkat saat liburan sekolah di Jatim

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours