PHE ONWJ siap kembangkan penangkapan karbon dukung emisi nol bersih

Estimated read time 2 min read

Jakarta (Antara) – PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) siap mengembangkan teknologi penangkapan, pengangkutan, dan penyimpanan karbon untuk mendukung pencapaian tujuan net zero emisi (NZE) pemerintah Indonesia pada tahun 2060.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan studi kelayakan perjanjian penelitian bersama (JSA) tentang penangkapan, pengangkutan, dan penyimpanan karbon dengan Posco International sebagai bagian dari International Sustainability Forum (ISF) Indonesia tahun 2024.

“Penandatanganan JSA ini diharapkan dapat memperkuat upaya PT Pertamina (Persero) dalam mendukung pertumbuhan perekonomian nasional dan memenuhi target emisi bersih pemerintah Indonesia,” kata Muzvir Wiratama, General Manager PHE ONWJ. Pengumuman tersebut disampaikan di Jakarta pada Rabu.

Ruang lingkup JSA mencakup penelitian yang dilakukan oleh Posco International untuk mengidentifikasi fasilitas penyimpanan CO2 di wilayah kerja lepas pantai ONWJ pada akuifer salin atau garam yang berpotensi untuk diperluas ke wilayah reservoir non-produktif.

Wilayah kerja PHE ONWJ dipilih sebagai lokasi studi penyerapan karbon karena letaknya yang dekat dengan lokasi Posco International di Cilegon, Banten.

JSA yang berumur dua tahun ini menguraikan kurikulum pengangkutan CO2 dari sumber emisi CO2 ke tempat penyimpanan CO2 dengan menggunakan berbagai metode, mengeksplorasi teknologi penangkapan karbon yang tepat dan mengeksplorasi kebutuhan infrastruktur lainnya.

Selain PHE ONWJ, JSA juga ditandatangani oleh Pertamina Hulu Energi (PHE), PT Pertamina International Shipping (PIS), PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. (PGN) dan PT Pertamina Power Indonesia (PPI).

Menurut laporan Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) pada tahun 2021, bumi akan mengalami rekor suhu terpanas. Situasi ini telah menyebabkan penurunan kualitas hidup di banyak wilayah di bumi, yang berdampak negatif terhadap keseimbangan ekosistem.

Untuk itu diperlukan upaya bersama global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Sebagai langkah serius, PT Pertamina (Persero) menerapkan dua strategi pertumbuhan berkelanjutan untuk memperkuat operasional dan bisnisnya. Di satu sisi, Pertamina mempunyai tugas utama mendukung ketahanan energi nasional untuk mendukung pembangunan perekonomian negara.

Pada saat yang sama, sesuai perintah tersebut, perusahaan juga bertanggung jawab atas pengembangan sektor energi baru dan transformasinya dengan emisi rendah karbon untuk keberlanjutan.

Subholding Hulu Energi Wilayah Jawa merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang bergerak di bidang usaha minyak dan gas.

Regional Jawa bertugas mengkoordinasikan wilayah operasional di bawah pengelolaan Kontraktor Koperasi Migas (KKKS) antara lain PHE ONWJ, PHE OSES dan Pertamina EP Jawa Barat. Wilayah kerja wilayah Jawa meliputi Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung dan Bangka Belitung, serta Jawa Barat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours