Jabar Saber Hoaks Gelar Kejar Tabayyun di STAI At-Taqwa, Lawan Hoaks Jelang Pilkada 2024

Estimated read time 3 min read

Bekasi – Sapu Bersih (Saber) Kait Jawa Barat melaksanakan pelatihan pengecekan informasi mandiri Sabre Hook Jabar pada Sabtu (8/6/2024) di aula Sekolah Tinggi Islam Al-Taqwa (STAIA). ). ).

Kegiatan ini untuk mensosialisasikan pentingnya memerangi berita bohong atau fake news khususnya pada Pilkada 2024 sekaligus melalui pendidikan literasi di seluruh Jawa Barat, baik untuk bersenang-senang maupun hiburan (Kejar Tabayon melalui program tersebut).

“Kegiatan ini sebagai wujud kesadaran pelajar dan mahasiswa untuk menggunakan media sosial (medsos) dan internet untuk menghindari berita bohong menjelang Pilkada 2024. Kami memberikan pelatihan digital di kampus dan sekolah atau secara mandiri. Kami menyelenggarakan pelatihan yang bersertifikat,” West kata Jawa. Perwakilan Sabre Hooks Gunjar Dar es Salaam.

Ganjar mengatakan Jaber Saber Hoax menyebar ke seluruh 27 kabupaten/kota di Jabar untuk mengedukasi pelajar tentang bahaya penipuan jelang Pilkada 2024.

Ganjar mengatakan, “Iya, tahun politik 2024 pasti menjadi ajang bagi sebagian orang yang ingin menyebarkan kebohongan di media sosial. Tujuannya jelas untuk memecah belah persatuan bangsa.”

Dikatakannya, Pondok Pesantren Sabre Hooks (POMPS) Jawa Barat dan para ulama juga akan menjadi garda terdepan dalam memerangi kebohongan di internet dan jejaring sosial.

Ya, apalagi penipuan yang ada atau mengandung unsur agama. Karena penipuan politik banyak kaitannya dengan agama, dan agama dijadikan alat untuk menguntungkan kelompok tertentu, ujarnya.

Gunjar menambahkan, untuk mencegah berita bohong di masyarakat, Sabre Hooks Jabar mendirikan unit Sabre Hooks di seluruh kota/kabupaten se-Jabar.

“Jabbar Sabre Hooks di Jabar berkomitmen dan gigih memerangi penipuan, tidak hanya di tingkat provinsi, tapi juga di wilayah kabupaten/kota,” kata Ganjar.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Descominfo Kabupaten Baxi, Ramdan Nooral Akhsan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Baxi menyambut baik kegiatan pelacakan bencana dari kegiatan Saber Hooks Descominfo Jabar Jabar.

Menurut Ramadhan, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat khususnya bagi pelajar dan peserta lainnya untuk memahami bahayanya berita dan informasi palsu di masyarakat.

Kita tahu, saat ini kita sudah memasuki tahun politik, pasti akan semakin banyak berita dan informasi yang menyesatkan masyarakat atau bahkan mengganggu keamanan dan ketertiban, kata Rahman.

Ramdan mengatakan, kegiatan Sabre Hook Jabar ini dilaksanakan di beberapa tempat di Kabupaten Bixi. Diantaranya di SMK Negeri 1 Cikarang Utara dan STAI At-Taqwa Babelan.

“Pemerintah Kabupaten Bixi siap memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran akan bahaya penipuan dan bagaimana kita bisa menata berita dan informasi yang benar agar kita tidak menyebarkannya hanya dengan sekedar mendapatkan informasi dari media sosial.

Sementara itu, Dosen Komunikasi Penyiaran Islam STAI Al-Taqwa Baxi Mugfur Ghazali berharap penampilan Chase Tabayun di Saberhooks Jabar dapat menyadarkan mahasiswa akan bahaya kebohongan khususnya di media sosial.

“Iya bagus sekali karena bisa mengajarkan, data kami menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang berita palsu,” kata Moghfoor.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours