Pegadaian Menuju Net Zero Emission: Konservasi Terumbu Karang di Sabang

Estimated read time 3 min read

MEDAN – PT Pegadaian terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung upaya penurunan emisi karbon dan menjaga lingkungan melalui kegiatan rehabilitasi dan transplantasi terumbu karang di Pulau Rubiah, Sabang, Aceh.

Kegiatan ini diikuti oleh Regional Leader PT Pegadaian Kanwil 1 Medan yang diwakili oleh Deputi Bisnis Regional Banda Aceh Marzuki, dalam rangka Program Pegadaian Peduli ‘World Shelter Day’. Kegiatan ini bekerja sama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Banda Aceh.

Eka Pebriansyah, Direktur Jaringan, Operasional dan Penjualan PT Pegadaian, mengatakan pentingnya perusahaan dalam mengurangi karbon melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan.

“Salah satu upaya kami untuk mencapai nol emisi adalah dengan melakukan revitalisasi terumbu karang yang tidak hanya mampu menyerap karbon, tetapi juga melindungi terumbu karang dari dampak perubahan iklim dan biota laut. Kami mempertimbangkan arah yang berbeda, tidak hanya pengurangan karbon” menjadi dilakukan dari darat, tapi juga dari laut,” kata Eka, Minggu (30/6/2024).

Emisi bersih bukanlah keadaan dimana jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfer sama dengan jumlah emisi yang dapat diserap bumi. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan peralihan dari energi terkini ke sistem energi bersih untuk menciptakan keseimbangan antara aktivitas manusia dan keseimbangan alam.

Pada acara tersebut, PT Pegadaian menyoroti fokusnya dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) 14, yaitu melindungi ekosistem laut. Melalui restorasi terumbu karang, PT Pegadaian berupaya mengurangi karbon atmosfer, melindungi terumbu karang dari dampak perubahan iklim, dan melestarikan biota laut yang penting bagi keberlanjutan ekosistem laut.

“Batuan karang memiliki kapasitas yang luar biasa dalam menyerap hampir seribu ton karbon per kilometer persegi per tahun. Selain itu, pemulihan terumbu karang dapat meningkatkan keanekaragaman hayati laut hingga 50%. Oleh karena itu, upaya ini tidak hanya berdampak pada pengurangan emisi karbon. ; tidak hanya perbaikan terumbu karang per kilometer persegi, namun juga kesehatan ekosistem laut secara umum, ujar Rully Yusuf selaku Kepala Divisi Peduli Sosial dan Lingkungan PT Pegadaian.

Walikota Sabang, Kepala Dinas Pariwisata Sabang Syamsurizal mengatakan, kegiatan rehabilitasi dan transplantasi ini akan mendukung upaya rehabilitasi terumbu karang, sehingga dapat terjaga kembali kelestarian lingkungan biota lautnya.

“Melalui aksi ini, kemitraan antara Pemerintah Pegadaian dan Kota Sabang menunjukkan semangat persatuan untuk memperbaiki ekosistem alam. Kami berterima kasih atas perhatian dan dukungan Pegadaian,” kata Syamsurizal.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata bagi masyarakat lain dan masyarakat luas untuk turut serta menjaga dan melestarikan ekosistem laut, serta membantu upaya internasional dalam mengatasi perubahan iklim.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata bagi masyarakat lain dan masyarakat luas untuk turut serta menjaga dan melestarikan ekosistem laut, serta membantu upaya internasional dalam mengatasi perubahan iklim.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours