Antidepresan bisa tingkatkan fungsi otak dan memori verbal

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Para ilmuwan kini menemukan bahwa penggunaan antidepresan SSRI (selective serotonin reuptake inhibitor) dapat membantu meningkatkan fungsi otak, terutama memori verbal.

Menurut Medical Daily, pada hari Rabu, SSRI digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan mental, termasuk depresi dan berbagai gangguan kecemasan.

Mereka meningkatkan kadar serotonin di otak, yang membantu meningkatkan suasana hati, tidur dan pengaturan emosi. Setelah serotonin mengirimkan pesan, biasanya pesan tersebut diserap kembali oleh sel-sel saraf dalam proses yang disebut “reuptake”.

SSRI memblokir pengambilan kembali ini dengan meningkatkan ketersediaan serotonin untuk mengirim lebih banyak pesan antar sel saraf yang berdekatan.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal “Biological Psychiatry” menganalisis pemindaian otak dari 90 pasien depresi untuk fokus pada reseptor 5HT4, yang merupakan situs utama pengikatan serotonin di otak.

Meski terdapat beberapa reseptor serotonin di otak yang masing-masing berperan dalam mengatur kesejahteraan, penelitian ini berfokus secara khusus pada reseptor 5HT4.

Para peneliti juga melakukan serangkaian tes untuk mengukur suasana hati dan kemampuan kognitif partisipan setelah mengonsumsi obat SSRI escitalopram dosis harian selama 8 minggu.

Di akhir percobaan, 40 pasien dipindai kembali untuk menilai jumlah reseptor 5HT4 di otak.

Selain perbaikan suasana hati pasien, tim juga memperhatikan bahwa tingkat reseptor 5HT4 turun sekitar 9 persen. Hal ini mungkin disebabkan oleh adaptasi terhadap peningkatan kadar serotonin.

Namun, ketika pasien melakukan tes kognitif, mereka melaporkan peningkatan kinerja, terutama ingatan kata, yang menunjukkan bahwa pengurangan reseptor 5HT4 berdampak positif pada kinerja kognitif.

“SSRI kemungkinan besar berkontribusi pada peningkatan fungsi kognitif sekaligus membantu meningkatkan suasana hati. Penelitian kami menghubungkan peningkatan fungsi kognitif dengan reseptor 5HT4 tertentu dan menunjukkan bahwa stimulasi langsung reseptor serotonin 4 mungkin menjadi target kognitif yang penting. Pertimbangkan untuk mengoptimalkan pengobatan antidepresan. Hal ini juga mendukung gagasan bahwa serotonin adalah kunci untuk meningkatkan suasana hati,” kata peneliti Vibeke Dam dalam siaran persnya.

“Ini adalah hasil awal, jadi kita perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk melihat dampaknya. Fungsi kognitif yang buruk sangat sulit diobati secara efektif dan mungkin memerlukan pengobatan tambahan. Penelitian ini menunjukkan kemungkinan merangsang reseptor spesifik ini sehingga kita dapat mengatasi masalah kognitif. , terlepas dari apakah pasien telah mengatasi gejala utama depresi,” kata rekan peneliti Vibe Froekjaer.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours