Ketua KONI Jabar ungkap kunci Jawa Barat raih gelar juara umum PON

Estimated read time 2 min read

Medan (ANTARA) – Ketua Komite Olahraga Nasional Provinsi (KONI) Provinsi Jawa Barat se-Indonesia Muhammed Budiana membeberkan kunci keberhasilan mereka meraih gelar juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) sebanyak tiga kali berturut-turut.

Saat dihubungi Antara, Jumat, Budiana menjelaskan setidaknya ada empat faktor penting yang mengantarkan Jabar menjadi juara umum tiga edisi berturut-turut yakni 2016, 2021, dan 2024.

“Kunci keberhasilan Jabar meraih kemenangan ketiga di PON kali ini adalah konsistensi pembinaan yang kita berikan kepada cabang olahraga tersebut. Kedua, kerjasama yang terkoordinasi antara pihak olahraga dengan kita sebagai induk olahraga di Jawa Barat,” kata Budiana.

Yang ketiga adalah dukungan dan perhatian baik berupa anggaran maupun bentuk lainnya dari Pemprov Jabar yang didukung DPRD Jabar terhadap cabang olahraga tersebut melalui KONI Jabar. Yang keempat adalah suasana Jabar, lanjutnya.

Ia mengaku sangat bersyukur Jawa Barat mampu mempertahankan gelar juara umum PON tahun 2024 dan bertekad mempertahankan gelar juara pada tahun 2028 juga.

“Yah, pertama-tama kita Alhamdulillah usaha yang kita lakukan membuahkan hasil, terbukti dengan berhasil meraih juara umum PON ke-21 dari Jawa Barat dengan perolehan 195 medali emas,” jelas Budiana.

“Gawang Jabar (PON 2028) harus kita pertahankan. Kita tidak hanya mempertahankan gelar juara, tapi yang terpenting adalah kehadiran pelatih,” tutupnya.

Diketahui, Jawa Barat menjadi juara umum PON Aceh Sumut 2024 setelah mengoleksi 538 medali yang terdiri dari 195 emas, 163 perak, dan 182 perunggu.

Jawa Barat merebut gelar juara umum setelah pertama kali meraih juara pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dan PON XX Papua tahun 2021.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours