Kanselir Jerman: Konferensi damai Ukraina perlu undang Rusia

Estimated read time 1 min read

Berlin (Antara) – Kanselir Jerman Olaf Scholz pada Minggu (8/9) menyatakan dukungannya mengundang Rusia ke konferensi perdamaian internasional untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Scholes mengatakan kepada media penyiaran publik ZDF bahwa dalam pertemuan baru-baru ini dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mereka membahas kejadian terkini dan konferensi perdamaian baru untuk mengakhiri perang.

“Saya pikir inilah waktunya untuk membicarakan bagaimana keluar dari keadaan perang ini dan membawa perdamaian secepatnya,” kata Scholes.

“Pasti akan ada konferensi perdamaian lagi dan Presiden Zelensky dan saya setuju bahwa konferensi tersebut harus melibatkan Rusia,” katanya.

Zelenskyy bertemu Scholz di Frankfurt pekan lalu setelah menghadiri pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina di Bandara Ramstein di barat daya Jerman.

Usai pertemuan, Zelenskyi Scholes berterima kasih kepada Jerman atas dukungan politik dan militernya terhadap Ukraina dan mengatakan bahwa mereka membahas persiapan konferensi perdamaian kedua yang akan diadakan pada bulan November.

Konferensi perdamaian pertama diadakan di Swiss pada bulan Juni, namun Rusia tidak diundang ke pertemuan tersebut.

Lebih dari 90 negara berpartisipasi dalam diskusi dan deklarasi bersama didukung pada tahun 80an.

Sehari sebelum perundingan, Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan inisiatif perdamaiannya sendiri, menyerukan Ukraina untuk menerima klaim teritorial Rusia.

Sumber: Anatolia-Oana

,

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours