Tentara Israel perintahkan evakuasi sebagian “zona kemanusiaan” Gaza

Estimated read time 2 min read

Ankara (ANTARA) – Tentara Israel memerintahkan warga Khan Younis untuk mengevakuasi kawasan Al Jalaa di Khan Younis, yang sebelumnya ditetapkan tentara sebagai “zona aman kemanusiaan”.

Perintah untuk meninggalkan wilayah al-Jalaa, yang tidak lagi menjadi bagian dari zona kemanusiaan, diumumkan oleh otoritas militer Israel dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

Mereka mengklaim bahwa kelompok perlawanan Palestina Hamas “beroperasi” di Al Jalaa dan daerah tersebut akan menjadi “zona pertempuran berbahaya”.

Meskipun militer Israel sebelumnya telah menetapkan lokasi tertentu sebagai “tempat aman”, mereka terus menyerang daerah tersebut. Akibatnya banyak korban jiwa di kalangan warga Palestina.

Pada hari Sabtu, jet Israel menyerang warga Palestina yang sedang melaksanakan salat subuh di sekolah Al-Taba’een di lingkungan Al-Daraj di Kota Gaza. Akibatnya, sedikitnya 100 orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Meskipun ada seruan pada hari Kamis dari mediator termasuk Mesir, Amerika Serikat dan Qatar agar Israel dan Hamas mengakhiri permusuhan, mencapai gencatan senjata dan kesepakatan pertukaran sandera, pasukan Zionis terus melakukan serangan mematikan di Gaza.

Sejak pecahnya perang pada 7 Oktober 2023, menyusul serangan lintas batas oleh Hamas, serangan Israel di Jalur Gaza telah merenggut hampir 39.800 nyawa.

Aksi militer brutal Israel yang telah berlangsung lebih dari 10 bulan juga telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza di tengah blokade ketat terhadap makanan, air minum, dan obat-obatan.

Israel telah didakwa melakukan genosida di hadapan Mahkamah Internasional (ICJ) dan pengadilan memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum serangan pada bulan Mei. . 6.

Sumber: Anadolu

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours