PLN manfaatkan hampir 1,5 juta ton FABA PLTU selama semester I 2024

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – PT PLN (Persero) berhasil memanfaatkan 1.450.840 ton fly ash (FABA) atau abu sisa pembakaran batu bara di 47 unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang tersebar di Tanah Air. semester 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan metode penggunaan FABA merupakan cerminan dari penggunaan prinsip-prinsip lingkungan, keberlanjutan, dan tata kelola (ESG). Harapannya, pemanfaatan FABA bisa lebih besar, tidak hanya untuk menjaga lingkungan, tapi juga memperkuat perekonomian masyarakat.

“Melalui FABA, kehadiran genset PLN tidak hanya dapat menjadi sumber tenaga listrik, tetapi juga dapat dijadikan sebagai faktor penting dalam menjaga dan menjaga lingkungan serta menggerakkan roda perekonomian daerah,” kata Darmawan dalam keterangannya. Jakarta, Minggu.

Saat ini FABA dapat digunakan untuk berbagai kepentingan umum seperti stabilisasi logam pilihan, pengganti semen, campuran siap pakai, produk drainase tambang anti asam, pemeliharaan, pembuatan batu bata, kanstin, drainase, pupuk, tetrapod, jalan beton. , media tanam, dll.

“FABA yang dulunya dipandang sebagai limbah yang tidak memiliki nilai ekonomi, namun kini PLN telah mampu berinovasi dan mengubahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai bagi kemajuan pembangunan negara,” kata Darmawan.

Beberapa kegunaan FABA, kata Darmawan, antara lain mampu meningkatkan alkalinitas (pH) tanah, mencegah erosi di wilayah pesisir, digunakan sebagai pupuk tanaman, mencampur beton, memperbaiki material bahkan untuk membuat batu bata seperti sekarang. tersedia. digunakan untuk membangun pusat distribusi.

Tercatat, konsumsi FABA Grup PLN terus meningkat sejak FABA tergolong limbah tidak berbahaya dan beracun (B3), dengan konsumsi tertinggi pada tahun 2023 mencapai 3,716 juta ton atau 123 persen dari produksi FABA tahun 2023, sehingga mengurangi volumenya. FABA disimpan dalam abu.

Penggunaan FABA mengacu pada dokumen teknis yang tercantum dalam Environmental Notice PLTU.

Darmawan juga mengatakan, FABA kini sudah bisa digunakan oleh banyak orang dan pihaknya membuka peluang bagi semua kalangan yang ingin menggunakan FABA pada produk-produk bernilai seperti admixture di industri bangunan dan konstruksi.

“PLN terbuka bagi masyarakat jika ingin ikut menggunakan FABA. FABA merupakan zat yang aman sehingga dapat diolah dan memberikan banyak keberkahan,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours