7 Tempat Wisata Dingin di Kalimantan, Nomor 6 Salah Satu Puncak Tertinggi di Indonesia

Estimated read time 3 min read

Jakarta – Banyak tempat wisata keren yang bisa ditemukan di dataran tinggi Kalimantan. Bahkan, tempat ini cocok bagi pecinta alam yang ingin menikmati pemandangan indah.

Setiap daerah di Indonesia mempunyai daya tarik tersendiri yang dapat dilihat melalui tempat wisata yang tersedia. Misalnya saja Kalimantan yang memiliki banyak gunung dan dataran tinggi menakjubkan yang patut untuk dikunjungi.

Tempat wisata tersebut selain menyuguhkan pemandangan yang indah, juga dikenal dingin karena suhunya yang rendah. Berikut ini beberapa tempat wisata di wilayah Kalimantan beserta rangkumannya dari berbagai sumber.

Tempat Wisata di Kalimantan1. Gunung Newt

Stok foto

Gunung Newt termasuk dalam Cagar Alam Penrisson Newt yang bagian utaranya berbatasan dengan Malaysia. Lokasinya di Kecamatan Er Besar Kab. Landak, Kalimantan Barat. Ketinggian Ben Newt sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut.

2. Bain dari Mul Bain dari Mul merupakan saksi sejarah banyak suku. Konon ketika perang usai, kawasan pegunungan ini dijadikan perkebunan kelapa sawit. Gunung Kumul terletak di Long Sule di Kayan Hillir Cab. Malinau, Kalimantan Utara. Gunung ini berada 1.847 meter di atas permukaan laut.

3. Gunung Meratus

Stok foto

Terletak di Limbur, Hampang, Kota Bharu, Kalimantan Selatan, tempat wisata ini menawarkan rerumputan hijau yang bisa menjadi spot foto yang sangat menarik menampilkan pemandangan pegunungan dan kota. Ketinggian Gunung Meratus adalah 1.892 meter di atas permukaan laut sehingga sangat memudahkan bagi pemula untuk mendaki gunung tersebut.

4. Gunung Palung

Petualangan Ekologi Kalimantan

Gunung ini terletak di Sedahan Raya Cab. Kayong Utara, Kalimantan Barat, tepat di sekitar Taman Nasional Guung Palung. Gunung ini memiliki air terjun yang berakhir di pantai di bawah gunung. Berada di ketinggian 1.116 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan kepada wisatawan habitat alami orangutan.

5. Gunung Lianpran Gunung Lianpran terletak di Long Pahangai, Kab. Kutai Barat, Kalimantan Timur. Gunung tertinggi di Kalimantan Timur ini memiliki ketinggian 2.240 meter di atas permukaan laut. Wisatawan tidak perlu mencapai puncak untuk mendapatkan pemandangan indah. Oleh karena itu, tempat wisata ini dikunjungi oleh masyarakat yang jarang melakukan aktivitas pendakian.

6. Gunung Bukit Raya

Wikipedia

Tempat Wisata di Sebang, Marikit, Cab. Katingan, Kalimantan Tengah, mewakili Pulau Kalimantan di antara tujuh puncak tertinggi di tujuh pulau utama Indonesia dengan ketinggian 2.278 meter di atas permukaan laut. Gunung Bukit Raya merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, bagian dari Pegunungan Müller Schwanner.

7. Gunung Berin Gunung ini terletak di Karangan, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Berbeda dengan gunung-gunung yang disebutkan sebelumnya, Gunung Beryun masih tergolong gunung “perawan” dan hanya sedikit pendaki yang pernah mendaki ketinggiannya. Ketinggian gunung ini adalah 1.261 meter di atas permukaan laut. Para pendaki bisa menikmati rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara di kawasan hutan di bawah kaki Gunung Berin.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours