Riwayat Pendidikan Gus Ipul, Mensos yang Baru Saja Dilantik

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Gus Ipul bernama lengkap Saifullah Yusuf resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Sosial (Mensos) baru. Ia menggantikan Tri Risamaharini yang maju sebagai calon gubernur (bakagub) pada Pilkada Jawa Timur.

Pelantikan Gus Ipul sebagai Menteri Sosial diatur dalam Keputusan Presiden (KPRES) no. 102 P Tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri Sosial pada Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Alasan Pengangkatan Gus Ipul Jadi Menteri Sosial

Gus Ipul sebenarnya bukan sosok baru di kancah politik Indonesia, ia sebelumnya menjabat sejak 26 Februari 2021. Kini ia juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) periode 2022- 2027.

Selain itu, pria asal Pasuruan ini juga pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur pada 2009-2019 dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal di Indonesia pada 2004-2007.

Sejarah Pendidikan Gus Ipul

Dari riwayat perjalanan karirnya, Gus Ipul merupakan anggota Gerakan Pemuda Ansar NU (GP Ansar) dengan riwayat pendidikan yang cemerlang.

Baca juga: Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Jelang Masa Pemerintahannya Berakhir, Jokowi Punya Hubungan Istimewa dengan PBNU

Putra dari H. Ahmed Yusuf Choleel dan H.J. Sholicha Hasbuloh menyelesaikan studinya pada tahun 1985 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Nasional, Jakarta.

Saat masih berstatus mahasiswa, Saifullah Yusuf dikenal sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan organisasi. Tercatat, ia dipercaya menjadi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Jakarta periode 1990-1992.

Baca juga: Sartijab, Muhadjir Effendi Serahkan Menteri Sosial kepada Gus Ipul

Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat Ketua Pengurus Pusat Ikatan Mahasiswa Nahdlatul Ulma (IPNU) periode 1990-1995. Dari sana ia melanjutkan karirnya di gerakan Ansar Yuva.

Pria yang merupakan kerabat Gus Durr ini pernah menjabat Ketua Umum GP Ansar selama dua periode berturut-turut, yakni 2000-2005 dan 2005-2010. Sebelumnya, ia juga menjabat Pj Ketua Umum GP Ansar menggantikan Iqbal Asseguf yang meninggal pada 1999.

Setelah menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PP GP Ansar, ia terpilih menjadi salah satu Ketua PBNU di bawah kepemimpinan KH. kata Akil Sirdaj.

Demikianlah sejarah pendidikan Gus Ipul, Menteri Sosial RI yang baru. Saya harap informasi ini bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours