Pupuk Indonesia apresiasi petani inspiratif pada Svarna Bhumi Award 

Estimated read time 3 min read

JAKARTA (ANTARA) – PT Pupuk Indonesia (Persero) memberikan penghargaan kepada petani inspiratif atau pahlawan pangan melalui Svarna Bhumi Award 2024.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi dalam keterangannya di Jakarta mengatakan, petani merupakan andalan sektor pertanian Indonesia, sekaligus stabilitas negara.

Oleh karena itu, dalam semangat HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pupuk Indonesia berkomitmen tidak hanya mendukung pertanian melalui pemberian pupuk, namun juga mendorong pemanfaatan teknologi, keberlanjutan dan apresiasi pertanian.

“Hari ini kita soroti, tampilkan, dan apresiasi kepada orang-orang yang telah berjasa bagi Indonesia, khususnya para pahlawan pangan nasional. Namun sebenarnya bukan sekedar apresiasi, tapi kita ingin soroti untuk memberi. “Saya harap kedepannya akan lebih banyak lagi. orang-orang seperti mereka yang Dia mengabdikan dirinya untuk rakyat,” ujarnya.

Program Svarna Bhumi Award didedikasikan untuk mendorong inovasi dan revitalisasi petani guna mendukung ketahanan pangan nasional.

Rahmed mengatakan, apresiasi ini merupakan bentuk perhatian Pupuk Indonesia, sekaligus menjadi motivasi bagi petani lainnya untuk terus berkarya dan mengembangkan sektor pertanian.

Hal ini sangat penting mengingat pangan saat ini sedang menghadapi tantangan akibat dinamika geopolitik global dan perubahan iklim sehingga memerlukan perhatian, dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak.

“Pada tahun 80-an, Indonesia adalah negara berdaulat pangan dengan jumlah penduduk sekitar 170 juta jiwa. Saat ini, dengan jumlah penduduk yang mendekati 280 juta jiwa dan menyusutnya lahan pertanian, kedaulatan pangan merupakan tantangan besar. Tanpa sosok inspiratif, sulit membayangkan kita bisa berhasil. Untuk mencapai hal tersebut: “Saya berharap, meskipun kontribusinya kecil, dapat menjadi alasan untuk menatap masa depan dengan optimisme.

Melalui Svarna Bhumi Award 2024, Pupuk Indonesia memberikan penghargaan kepada para pahlawan pangan yang tidak hanya berprofesi sebagai petani, namun juga pada profesi lain seperti wirausaha pertanian dan aktivis perempuan.

Penerima penghargaan ini terus melakukan inovasi di bidang pertanian selama 2-3 tahun terakhir. Tak hanya inovatif, para penerima penghargaan ini juga memberikan dampak positif yang signifikan secara sosial, ekonomi, dan lingkungan terhadap industri pertanian nasional.

Penghargaan Svarna Bhumi tahun 2024 diselenggarakan untuk kedua kalinya sejak tahun 2023. Dalam program ini, Pupuk Indonesia menggandeng dan berkolaborasi dengan Yayasan Benih Baik. Selain Pupuk Indonesia, proses seleksi pemenang Svarna Bhumi 2024 juga melibatkan 3 juri lainnya yaitu pendiri Good Benih Foundation Andy F. Noya, Ketua Yayasan IBEKA dan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Tri Mumpun dan pendiri Rumah Perubahan Renald Kasal.

Andi f. Noya mengaku menyaksikan langsung bagaimana semangat generasi muda terhadap pembangunan pertanian kembali menyala.

“Saat ini saya tinggal di sebuah desa dan saya menyaksikan sendiri bagaimana semangat generasi muda menghidupkan perkembangan pertanian. “Kami sepakat bahwa penghargaan ini tidak hanya menginspirasi para petani ini tetapi juga memotivasi generasi muda. Mereka harus kembali ke desa dan mengembangkan pertanian di sana,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours