Pagar Nusa bakal gelar kejuaraan nasional di Jakarta

Estimated read time 2 min read

Jakarta (ANTARA) – Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa akan menggelar Kejurnas Pagar Nusa edisi kelima di Jakarta pada November mendatang.

Menurut Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, Muhammad Nabil Haroen, kejuaraan ini merupakan puncak perlombaan di lingkungan Pagar Nusa yang akan diikuti oleh para pencak silat dari dalam dan luar negeri.

“Pagar Nusa yang dikenal lebih banyak menampilkan pencak silat tradisional, dalam 10 tahun terakhir telah berkembang dalam hal pertunjukan pencak silat,” kata Nabil saat grand launching V Pagar Nusa dan Kejurnas Pagar. Nusa Championship di Plaza PBNU, Jakarta Pusat, Senin.

“Dulu kejurnas dilaksanakan lima tahun sekali, kemudian mulai kejurnas tahun lalu Pagar Nusa mengadakan kejurnas dua tahun sekali,” imbuhnya.

Sebelum Kejurnas ke-5, Kejuaraan Pagar Nusa akan digelar di Malang, Solo Raya, Banyuwangi, Pati, Tangerang, Garut, Lampung, dan Bojonegoro, pada Agustus hingga Oktober.

Ajang ini memberikan kesempatan bagi para pencak silat dari semua tingkatan untuk menunjukkan keahliannya dan berkompetisi secara sehat sebelum mencapai puncak kejuaraan nasional.

“Ini tentang menghidupkan kembali pencak silat di Indonesia, karena menurut saya pencak silat selalu seperti tamu di negeri sendiri,” kata Nabil.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia (PB IPSI) Teddy Suratmadji menyambut baik pagelaran silat ini sebagai kesempatan untuk melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya dunia takbenda UNESCO.

Sebab, alhamdulillah pada tahun 2019 pencak silat sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya takbenda. Pengakuan UNESCO ini harus dilestarikan, termasuk terus menyelenggarakan event silat,” kata Teddy.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours