Irjen Pol Abdul Karim Ditunjuk Menjadi Kadiv Propam Polri, Ini Profilnya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kapolri Jenderal Paul Listio Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi ratusan anggota Polri. Berdasarkan empat surat telegram (ST), sebanyak 745 personel, baik perwira menengah (Paman) maupun perwira tinggi (Pati), termasuk Irjen Paul Abdul Karim, dimutasi dan dimutasi.

Keempat nomor telegram tersebut adalah ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, ST/1238/VI/KEP./2024 dan ST/1239/VI/KEP./2024. . Telegram ini ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Polisi Dedi Prestio pada 26 Juni 2024.

Kabag Humas Polri mengatakan, promosi dan mutasi di kepolisian negara sesuai kebutuhan organisasi, promosi karir, patroli, keliling daerah dan penggantian anggota yang pensiun adalah hal yang lumrah. Irjen Sandy Nogroho, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Jabatan yang berganti antara lain Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri yang akan diisi Irjen Pol Syahardiantono. Ia menggantikan Kumjen Paul Sontana yang pensiun. Pangkat Irjen Sihar yang saat ini menjabat Kepala Divisi Profesi dan Keamanan (Cadio Propam) Polri akan menjadi jenderal bintang tiga atau komisaris umum (Kamjan).

Kemudian Irjen Paul Abdulkarim diangkat menjadi Kepala Departemen Propam. Irjen Abdul Karim kini menjabat Kapolda Banten. Nantinya, jabatan Kapolda Banten akan dijabat oleh Brigjen Swedia Ariyo Setu yang saat ini menjabat Wapolda Metro Jaya.

Wakil Kapolda Metro Jaya selanjutnya akan dijabat oleh Brigjen Pol Jati Vyoto Abadi yang kini menjabat Wakil Kapolda Kalimantan Timur.

Selain itu, terjadi pula pergantian kepemimpinan Kapolda Sumut. Irjen Agung Setia Imam Effendi dipindahkan ke Barskrim Polres Pati (persiapan tugas di luar struktur). Penggantinya adalah Brigjen Wisno Hermavan Februanto yang saat ini menjabat Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Detail Irjen Paul Abdul Karim

Irjen Paul Abdulkarim saat ini menjabat sebagai Kapolda Banten. Jabatan tersebut dijabatnya sejak Oktober 2023 menggantikan Irjen Rudy Harianto Adi Nogroho.

Abdul Karim lahir di Surabaya pada 28 Februari 1974. Beliau merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada tahun 1995. Sebelum menjadi Kapolda Banten, Abdul Karim juga pernah menduduki beberapa jabatan antara lain Dirskrimsos Polda Banten (2017-2019), Metro Kota Tangerang. Kapolri (2019), Wakil Direktur Reserse Kriminal Polri (2020), Wadirtipidter Bareskrim Polri (2021), hingga PPNS Bareskrim Polri Karokorwa (2021-2023).

Pada pertengahan bulan Juni 2024, Abdul Karim menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran dan anggota bidang ini yang terus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan telah bekerja dengan baik untuk mengamankan wilayah Banten.

“Kita hanya berjumlah 7.000 orang tapi hampir 9 juta masyarakat Banten sudah kita lindungi,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours