Deretan bintang sepak bola yang akan bermain di Olimpiade 2024

Estimated read time 4 min read

Jakarta (ANTARA) – Salah satu cabang olahraga terpopuler peserta Olimpiade Paris 2024 adalah sepak bola yang akan dimulai dua hari sebelumnya (24 Juli) sebelum pesta olahraga multi-olahraga tersebut resmi dimulai pada 26 Juli 2024.

Pada Olimpiade Paris yang berlangsung hingga 11 Agustus nanti, sepak bola putra dan putri akan dipertandingkan. Kategori sepak bola putra akan menjadi sorotan karena akan diikuti oleh beberapa pemain muda berbakat bahkan pemain bintang.

Peraturan sepak bola Olimpiade 2024 untuk kategori putra mewajibkan setiap grup tim memuat pemain berusia di bawah 23 tahun (U-23). Namun, setiap tim diperbolehkan membawa maksimal tiga pemain yang berusia di atas 23 tahun. Sementara untuk kategori putri, tidak ada batasan usia.

Untuk kategori putra, terdapat 16 tim yang mengikuti cabang olahraga sepak bola ini. Mereka dibagi menjadi empat grup yang masing-masing berisi empat tim. Meski ada aturan yang membatasi pemain, pertandingan sepak bola di Olimpiade diprediksi tidak akan kehilangan keseruannya karena masih banyak pemain berbakat yang menjadi daya tarik. Dalam sejarah Olimpiade, pemain-pemain hebat seperti Lionel Messi, Angel di Maria, dan Neymar masuk dalam daftar atlet peraih medali emas Olimpiade. Berikut daftar bintang sepak bola yang bakal jadi magnet pecinta sepak bola di Olimpiade Paris 2024:

Julian Alvarez (Argentina)

Salah satu nama besar yang bakal tampil di Olimpiade 2024 adalah Julian Alvarez yang baru saja mengantarkan timnas Argentina meraih kemenangan di Copa America 2024.

Striker berusia 24 tahun itu tampil impresif musim lalu dengan membantu Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris selama empat musim berturut-turut.

Alvarez bertekad meraih medali emas untuk melengkapi prestasinya bersama Manchester City dan timnas Argentina. Bersama City, Alvarez meraih trofi Liga Inggris, Piala FA, Piala Liga, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub.

Sementara itu, ia memenangkan Finalissima Piala Dunia 2022 untuk timnas Argentina, baru-baru ini memenangkan Copa America keduanya.

Selain Alvarez, Argentina yang dilatih mantan gelandang Liverpool dan Barcelona Javier Mascherano, juga akan diperkuat Nicolas Otamendi (Benfica), kiper Geronimo Rulli (Ajax) dan pemain muda berbakat Claudio Echeverri yang membawa Argentina ke semifinal U17 – menjuarai dunia kejuaraan. Piala di Indonesia.

Alexander Lacazette (Prancis)

Tim Prancis yang dilatih Thierry Henry telah meminta mantan striker Arsenal Alexander Lacazette untuk memperkuat lini serang Les Blues di Olimpiade 2024.

Tak hanya menjadi andalan Henry di lini depan, Lacazette juga akan mengemban tugas sebagai kapten karena kepemimpinan dan pengalamannya bermain di level tertinggi di Arsenal.

Lacazette saat ini kembali bermain untuk Olympique Lyon setelah hengkang dari Arsenal pada 2022. Ia terus menunjukkan kecemerlangannya dengan mencetak total 22 gol dari 35 pertandingan di semua kompetisi di Lyon musim lalu.

Selain Lacazette, Henry juga memanggil beberapa pemain muda potensial seperti Jean-Philippe Mateta (Crystal Palace) dan Michael Olise (Bayern Munich).

Achraf Hakimi (Maroko)

Bek Paris Saint-Germain (PSG) Achraf Hakimi dipastikan tampil di Olimpiade 2024. Hakimi menjadi pemain dengan caps terbanyak di skuad Maroko asuhan Tarik Sektioui.

Sejak melakoni laga perdananya bersama timnas senior Maroko pada 2016, Achraf Hakimi tak tergantikan di posisi bek kanan. Ia mencatatkan 64 penampilan dan mencetak empat gol di level internasional.

Dia adalah bagian dari skuad Maroko yang mencapai semifinal Piala Dunia 2022 sebelum dikalahkan 2-0 oleh Prancis.

Di level klub, Achraf Hakimi pernah membela beberapa klub papan atas Eropa, seperti Real Madrid, Borussia Dortmund, Inter Milan, dan kini Paris Saint-Germain (PSG).

Fermin Lopez dan Pau Cubarsi (Spanyol)

Tim Spanyol memasuki Olimpiade dengan percaya diri tinggi usai menjuarai Piala Eropa 2024.

Fermin Lopez dan Alex Baena dipanggil memperkuat Spanyol di Olimpiade 2024. Keduanya berada di tim Spanyol yang menjuarai Piala Eropa 2024.

Lopez sendiri baru menjalani debut di tim utama Barcelona pada musim lalu. Ia tampil apik dengan mencatatkan 31 penampilan dan mencetak 12 gol di seluruh kompetisi bersama Blaugrana.

Penampilan apiknya membuat gelandang berusia 21 tahun itu masuk dalam daftar pemain senior timnas Spanyol yang dibawa pelatih Luis de la Fuente ke Piala Eropa 2024 di Jerman.

Sedangkan Pau Cubarsi akan menjadi andalan mengawal lini belakang Spanyol asuhan Santi Denia. Nama bek berusia 17 tahun itu melejit pada musim lalu, pertama kali di tim senior Barcelona.

Meski menjalani debut bersama timnas senior Spanyol, Pau Cubarsi tidak dibawa Luis de la Fuente untuk Euro 2024. Ia kini masuk dalam skuad timnas U-23 Spanyol di Olimpiade Paris 2024.

Dekat Keita (Guinea)

Olimpiade Paris 2024 akan menjadi debut Guinea di dunia sepak bola. Pelatih Kaba Diawara pun meminta mantan gelandang Liverpool Naby Keita untuk memperkuat skuadnya.

Pemenang Liga Champions 2019 bersama Liverpool akan membawa Guinea ke Olimpiade 2024 di Paris. Dia kemudian memimpin lini tengah Guinea bersama Ilaix Moriba dan Amadou Diawara.

Mohamed Elneny (Mesir)

Timnas U-23 Mesir pada Olimpiade 2024 di Paris tidak akan diperkuat Mohamed Salah. Namun, pelatih Rogerio Micale mungkin akan memanggil mantan pemain Arsenal Mohamed Elneny.

Elneny, yang kini bermain untuk klub Turki Besiktas, merupakan pemain Mesir paling senior di Olimpiade Paris 2024. Gelandang berusia 32 tahun itu akan mengantarkan rekan satu timnya meraih medali di ajang olahraga tersebut. Baca juga: Timnas Sepak Bola Indonesia Sudah Lolos ke Olimpiade? Baca juga: Timnas Jepang Tak Gunakan Pemain Senior untuk Tampil di Olimpiade

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours