Pj Gubernur luncurkan Bus Trans Jatim Koridor IV

Estimated read time 3 min read

Surabaya (ANTARA) – Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhi Karyono meluncurkan bus Trans Jatim Koridor IV dari Terminal Bunder Gresik – Pelabuhan Paciran Lamongan dan Trans Jatim Luxury menuju bandara setempat dalam rangka HUT ke-79 Republik Indonesia. . Regency Square, Jumat. Perluasan Koridor Trans Timur Jatim merupakan wujud nyata pelaksanaan Nava Bhakti Satya Keempat yang dilakukan Pemprov Jatim, kata Pj Gubernur Jatim dalam keterangan yang diterima di Surabaya.

Terbukti, 4,3 juta orang menaiki bus pintar yang telah beroperasi selama dua tahun di Jawa Timur. Karena memberikan pergerakan massa yang efisien.

Kehadiran Koridor I-IV Koridor Trans Jawa Timur mengurangi kemacetan lalu lintas, mengurangi angka kecelakaan, membantu masyarakat dalam beraktivitas dan bekerja, mengurangi emisi, mengurangi pemanasan global, dan mengurangi volume kendaraan, ujarnya.

Adhi mengatakan, pihaknya telah menyediakan 15 armada bus khusus di Koridor IV. Bus Trans Jatim diharapkan tidak hanya memberikan kontribusi terhadap mobilitas masyarakat di masa depan, tetapi juga ramah ekonomi. Karena harga tiketnya sangat masuk akal.

“Harga tiket umumnya Rp5.000, sedangkan pelajar/santri membayar Rp2.500 untuk melihat Trans Jatim. Menariknya, tiket gratis masih berlaku jika jarak tempuh koridor Trans Jatim kurang dari 2 jam,” kata Adhi.

Sementara itu, khusus untuk pengenalan dan sosialisasi Trans Jati Koridor IV, Pemerintah Jatim memberikan tiket gratis selama 9 hari mulai tanggal 9 hingga 17 Agustus 2024.

Selain itu, ia optimistis dengan dibangunnya Koridor IV Trans-Jawa Timur, tidak hanya akan meningkatkan sektor perekonomian pesisir Lamongan-Gresik, namun juga pariwisata. Terkenal dengan wisata religi dan baharinya. Mulai dari kawasan Sunan Drajat Lamongan, Wisata Pantai Lamongan (WBL), Pantai Delegen dan lain-lain.

Adhi mengatakan, sudah ada inovasi dalam pengoperasian Trans Jatim bernama TRANSJATIM-AJAIB (Aplikasi Informasi Bus Jatim) yang dapat diunduh melalui Playstore dan Appstore. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan seperti informasi, pencarian lokasi, pembelian tiket, ketersediaan armada bus, informasi rute dan informasi halte.

“Inovasi merupakan hasil kolaborasi dan gotong royong, dan Jatim harus terus ditingkatkan agar lebih maju,” tuturnya.

Selain peluncuran bus Trans Jatim Koridor IV, Trans Jatim memiliki tiga armada mewah, kata Adhi. Transportasi darat eksekutif ini menawarkan beragam layanan mewah, antara lain penumpang nonstop, tempat duduk nyaman, dan tidak terlalu ramai.

Adhi melanjutkan, kehadiran kemewahan Trans Jatim tidak akan membebani APBD. Sebab manajemen tidak menggunakan tarif subsidi. Tapi tarif normal.

Tarif Gresik – Surabaya 20.000 rupiah, Surabaya – 15.000 rupiah, Porong – Gresik 30.000 rupiah,” ujarnya.

Adhi berharap kedepannya Koridor I-IV Trans Jatim menjadi bagian dari sistem transportasi umum Surabaya yang berbasis teknologi modern. Karena angkutan umum jenis lain akan tersedia sebagai tambahan di Gerbangkertasusila Plus nantinya.

“Kalau masterplan Surabaya selesai, akan ada MRT, LRT, dan KRL,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Lamongan Yuhronur Efendi merasa puas dengan diresmikannya bus Trans Jawa Timur Koridor IV. Menurutnya, kehadiran Trans Jatim merupakan salah satu upaya Pemerintah Jatim dalam mengefektifkan transportasi umum dan memberikan pelayanan yang unggul.

Yuhronur mengatakan, dapat terciptanya budaya sosial angkutan umum dan dampaknya terhadap perkembangan generasi mendatang, dapat terciptanya cakupan rute yang menyeluruh, tepat waktu dan nyaman.

“Masyarakat Provinsi Lamongan menyambut baik dan mendukung program Provinsi Jawa Timur yang bertujuan membangun infrastruktur yang handal dan berkeadilan di Kabupaten Lamongan,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours