Doktor Pemerintahan, Anwar Hafid Ahlinya Buat Pembangunan Desa Lebih Satset

Estimated read time 2 min read

PALU – Calon gubernur (kagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) Anwar Hafid mengenyam pendidikan ilmu paten di pemerintahan, setelah meraih gelar doktor khusus ilmu pemerintahan. Berdasarkan ilmu dan pengalamannya di desa, Anwar Hafid mampu memajukan pembangunan desa secara lebih maksimal dan cepat.

Pengamat politik Universitas Tadulako Irwan Waris (27 Juli 2024) “Pak Anwar adalah doktor ilmu politik karena mempelajari ilmu politik.

Anwar Hafid mendapatkan gelar PhD dari Sekolah Pascasarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) pada tahun 2023. Topik disertasinya adalah “Pemanfaatan Nilai-Nilai Keagamaan dan Kearifan Lokal dalam Kepemimpinan Pemerintahan di Wilayah Morowali Sulawesi Tengah”.

Singkatnya, karya ini tentang pembangunan daerah berdasarkan nilai-nilai Siddh, Amana, Tabligh dan Fathonnah yang merupakan ciri khas Nabi Muhammad SAW. Ia mencontohkan kepemimpinannya di Morowali.

Seluruh nilai-nilai Islam terangkum dalam konsep kepemimpinan masyarakat. Anwar Hafid dalam artikelnya mengatakan bahwa konsep tersebut mengisyaratkan adanya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat.

Konsep ini ia ambil dari kondisi keberagaman suku dan agama di Sulawesi Tengah, di mana persatuan bisa berkontribusi pada pemerintahan yang jauh lebih sehat. Hal ini menciptakan ruang perdebatan antaretnis dan agama sehingga pemerintah dapat menanggapi isu-isu yang menjadi perhatian seluruh warga negara dengan perspektif yang lebih luas.

Irwan Waris menggambarkan Anwar Hafid sebagai sosok yang bisa berdiskusi serius dengan masyarakat setelah melihat hubungan kooperatif yang dimiliki Anwar Hafid. Hal ini dibuktikan dengan semangat gotong royong yang dimiliki oleh Anwar Hafid.

“Saya kira ada kedalaman dan keseriusan dalam membangun desa bersama masyarakat dengan mengundang (Anwar Hafid) untuk berdiskusi,” ujarnya.

Dengan pengetahuannya yang kuat dan konsep kepemimpinan inklusif, Anwar Hafid dianggap sebagai pemimpin yang hebat dalam membawa pembangunan di wilayah Sulawesi Tengah.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours