AMMAN Masuk Daftar Perusahaan Paling Terpercaya di Dunia

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Salah satu perusahaan pertambangan tembaga dan emas terbesar di Indonesia, PT Oman Mineral International Tbk (Oman), berhasil meraih penghargaan “World’s Most Trustworthy Companies 2024” versi majalah Newsweek. Oman menduduki peringkat 15 dari 53 perusahaan di berbagai negara dalam kategori “Bahan dan Bahan Kimia”.

Perusahaan yang masuk dalam survei “Perusahaan Paling Tepercaya di Dunia” adalah perusahaan yang terdaftar di bursa efek di 20 negara target, dengan pendapatan melebihi US$500 juta. Newsweek bekerja sama dengan perusahaan riset data global Statista melakukan survei terhadap 70.000 peserta di 20 negara. Setiap peserta memberikan survei terhadap perusahaan yang dikenalnya berdasarkan tiga perspektif: kepercayaan investor (peluang), kepercayaan pelanggan (peluang), dan kepercayaan karyawan (peluang). Penilaian tersebut juga mencakup mendengarkan masyarakat dengan memantau opini mengenai perusahaan secara online dan media sosial.

Vice President Corporate Communications and Investor Relations Oman mengatakan: “Kami selalu mengedepankan integritas dalam mengelola operasional bisnis kami. Kami juga terus menjunjung tinggi komitmen Oman terhadap keunggulan dan kualitas dengan melakukan perbaikan terus-menerus. Kartika Octaviana dalam keterangannya yang ditulis, Senin (9/9/2024).

Ia menambahkan, sebagai produsen tembaga dan emas terpenting di dunia dengan cadangan kelas dunia yang signifikan, Oman telah menerapkan berbagai inisiatif transformasional untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional. Salah satu langkah yang diambil Oman segera setelah akuisisi adalah menutup 40% kapasitas penambangannya selama tiga bulan pada tahun 2017 untuk memulihkan infrastruktur pertambangan, sehingga pengeboran dan transportasi dapat berjalan secara efisien dan efektif. “Terobosan ini mampu meningkatkan jumlah produksi dengan pemisahan yang lebih baik,” ujarnya.

Untuk mencapai produksi yang lebih tinggi, Oman juga mengoperasikan 138 truk CAT793C di tambang Batu Hijau. Truk yang mampu mengangkut sekitar 240 ton mineral ini membutuhkan perawatan yang mahal. Untuk mendorong operasi pemeliharaan yang lebih baik, Oman mengakuisisi fasilitas perakitan Mechanical Rebuild Center (MRC) dan Component Rebuild Center (CRC) dari pihak ketiga pada tahun 2018.

Oleh karena itu, Oman mampu membongkar dan merakit bagian-bagian setiap truk hanya dalam waktu 23 hari di Batu Hijau. Hasilnya, Oman berhasil mengurangi biaya konferensi secara signifikan sekitar 35% dibandingkan dengan konferensi yang diadakan di Kalimantan Timur, yang berlangsung selama 9 hingga 12 bulan.

Lanjutnya, Oman tengah melaksanakan berbagai proyek ekspansi, antara lain proyek peleburan tembaga dan proyek pemurnian logam mulia, untuk memperluas kapasitas kilang, serta seluruh fasilitas pendukungnya. Proyek besar ini diharapkan dapat menunjang posisi Oman sebagai perusahaan pertambangan yang terus tumbuh dan unggul.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours