Tinjau Persiapan KTT IAF di Bali, Kapolri Pastikan Keamanan Maksimal

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau persiapan pengamanan konferensi tingkat tinggi Indonesia-Africa Forum (IAF Summit) ke-2 yang digelar di Bali pada 1-3 September 2024. Sigit ingin memastikan maksimal keamanan untuk beraktivitas.

“Sampai KTT Indonesia-Africa Forum seperti yang kita lihat, struktur organisasinya sendiri, khususnya pengamanan, Panglima TNI sebagai ketua dan saya sebagai wakil. kalangan terkait antara lain VVIP dan VIP serta delegasi, tentunya pengamanan VVIP dilakukan oleh “Paspampres dalam hal ini Panglima TNI, sedangkan Polri lebih banyak terlibat di lingkaran 3”, kata Sigit kepada wartawan, Sabtu (31/08). /2024).

Sigit mengungkapkan sejumlah kekhawatirannya terkait kelancaran dan keamanan kegiatan. Ia berharap dengan pengamanan maksimal, seluruh kegiatan KTT IAF dapat berjalan lancar.

“Beberapa hal yang tentunya menjadi perhatian kita berkaitan dengan kelancaran kedatangan, kemudian keamanan di akomodasi, dan juga bagaimana kegiatan yang akan berlangsung baik pada gala dinner yang akan dilaksanakan besok malam, maupun kegiatan pertemuan tersebut. Akan diadakan di hotel dan ada beberapa pertemuan bilateral, semua bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia juga menyinggung prediksi masuknya penyakit Mpox sebagai cacar monyet. Menurut Sigit, Polri telah menyiapkan 8 kelompok kerja untuk membantu pencegahan.

“Khusus Polri ada 8 satgas, mulai dari asistensi preventif hingga operasional, termasuk prediksi permasalahan terkini terkait Mpox. Jadi, dari awal setibanya di bandara, satgas khusus sudah siap memeriksa. dengan bantuan thermal Jika ternyata ada indikasi kondisi kesehatannya kurang baik, maka segera amankan dan bawa ke ICU dan lakukan pemeriksaan rujukan,” jelas Sigit.

Anggota gabungan TNI-Polri berjumlah 13.400 orang yang bersiaga saat KTT IAF di Bali. Selain itu, sejumlah alutsista seperti helikopter, KRI, dan pesawat F-16 telah disiapkan.

Sigit meminta maaf kepada warga Bali jika kegiatan yang dimulai besok mengganggu aktivitas. Menurutnya, Polri akan melakukan serangkaian penataan lalu lintas di lokasi kegiatan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Bali. Karena terkait dengan penyelenggaraan KTT IAF, memang ada berbagai teknik yang kami terapkan, apalagi sebagai delegasi di gala dinner atau tempat pertemuan tingkat tinggi, jadi beragam. gangguan kegiatan, sehingga tentunya hal ini sedikit mengganggu aktivitas masyarakat, sehingga kami mohon maaf, namun ini semua dilakukan agar seluruh aktivitas tetap berjalan lancar, kata Sigit.

“Kami berharap masyarakat Bali mendukung kami, apalagi saat ini sedang ada situasi serangkaian pilkada, sehingga semua kegiatan harus berjalan dengan baik dan keduanya menjadi tanggung jawab kami,” imbuhnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours