Cepat Ubanan Tanda Kekurangan Zat Gizi, Salah Satunya Vitamin D3

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Rambut beruban yang cepat bisa menjadi tanda kekurangan gizi yang tidak boleh diabaikan. Secara umum, munculnya uban di usia dini seringkali dikaitkan dengan faktor genetik. Namun, kekurangan nutrisi tertentu dapat menyebabkan rambut beruban dini pada seseorang.

Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuhnya uban, di antaranya genetika, stres, dan gaya hidup. Salah satu faktor yang sering diabaikan adalah gizi buruk. Rambut mendapatkan warnanya dari pigmen melanin yang diproduksi oleh sel melanosit.

Seiring bertambahnya usia, produksi melanin secara alami menurun, sehingga rambut mulai beruban. Namun, kekurangan nutrisi tertentu mengganggu proses produksi melanin, yang menyebabkan rambut beruban dengan cepat.

“Yang diminta nutrisinya tidak cukup. Orang di bawah 25 tahun yang beruban bisa saja beruban,” kata Mikayla Twayya dari akun Instagram @mikaylathwayya, Jumat (28/6/2024).

Penyebabnya bisa stres, genetik, bahkan kekurangan gizi atau kondisi lainnya, ujarnya.

Beberapa nutrisi penting untuk kesehatan produksi dan pigmen rambut, antara lain vitamin B12, biotin, zat besi, tembaga, dan vitamin D. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa, yang mengganggu produksi sel darah merah dan memengaruhi kesehatan rambut. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan rambut, kerusakan rambut, dan kerontokan rambut dini.

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan rambut, termasuk uban. Sumber vitamin D antara lain paparan sinar matahari, ikan berlemak, dan suplemen.

Biotin membantu tubuh membuat asam lemak esensial untuk kesehatan rambut. Kekurangan biotin dapat menyebabkan rambut patah, rapuh, dan beruban dini. Zat besi berperan penting dalam mengantarkan oksigen ke tubuh, termasuk ke folikel rambut.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang dapat menyebabkan rambut rontok dan uban prematur. Tembaga membantu tubuh memproduksi melanin. Kekurangan tembaga menghambat produksi melanin, yang menyebabkan rambut beruban dengan cepat.

“Pada dasarnya untuk nutrisi yang tepat tidak memerlukan vitamin D3, vitamin B9, vitamin B12, biotin, tembaga, seng, kalsium, dan zat besi,” jelasnya.

Jika cepatnya uban disebabkan oleh kurangnya nutrisi, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu memperlambat proses tersebut. Mengonsumsi makanan kaya vitamin dan mineral penting untuk kesehatan rambut, seperti sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan ikan, dapat membantu.

Jika sulit mendapatkan nutrisi dari makanan, konsumsilah suplemen vitamin dan mineral sesuai anjuran dokter.

“Dan hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah melihat apakah Anda jarang makan kacang-kacangan, produk susu, sayuran hijau, dan makanan hewani. Jika Anda tidak makan salah satu hal yang saya katakan, mungkin itu alasannya.” .

“Kemudian bisa ditambahkan suplemen kalsium pantotenat 200 mg,” ujarnya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours