7 Kampus Jurusan Psikologi Akreditasi A dan Unggul BAN-PT, Ini Profesi Menjanjikan Alumninya

Estimated read time 2 min read

JAKARTA – Inilah 7 Kampus Utama Psikologi Terbaik di Indonesia dengan Akreditasi A dan Unggul BAN-PT yang perlu Anda ketahui. Saat ini mata kuliah (Prodi) Psikologi telah berkembang menjadi jurusan yang menarik dan banyak peminatnya baik di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Status akreditasi biasanya dijadikan acuan dalam memilih universitas atau jurusan, termasuk jurusan psikologi. Mengutip laman pddikti.kemdikbud.go.id, artikel ini membahas tentang 7 kampus utama psikologi terbaik di Indonesia dengan akreditasi A dan Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang bisa dijadikan acuan. Lihat ini!

7 Lokasi Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia dengan Akreditasi BAN-PT A dan Unggul

1. Universitas Brawijaya (UB)

Akreditasi Fakultas Psikologi : Sangat Baik

2. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Akreditasi Fakultas Psikologi : Sangat Baik

3. Universitas Indonesia (UI)

Akreditasi Fakultas Psikologi : Sangat Baik

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Akreditasi Departemen Psikologi : A

5. Universitas Diponegoro (Undip)

Akreditasi Fakultas Psikologi : Sangat Baik

6. Universitas Airlangga

Akreditasi Fakultas Psikologi : Sangat Baik

7. Universitas Negeri Makassar

Akreditasi Departemen Psikologi : A

Siapa saja lulusan Departemen Psikologi Industri?

1. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)

HRD (Pengembangan Sumber Daya Manusia) merupakan bidang kerja yang sangat penting dalam dunia bisnis Indonesia. Sebagai seorang HRD, tanggung jawab utamanya adalah mengelola karyawan dan sumber daya manusia di suatu perusahaan.

Peran utama pengembangan sumber daya manusia adalah menyeleksi karyawan, mengelola dan mengembangkan karyawan, serta memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

2. Psikolog

Profesi psikolog merupakan suatu bidang pekerjaan yang berkaitan dengan psikologi yang mempunyai peranan penting dalam membantu masyarakat memahami dan mengatasi permasalahan psikologis.

3. Pemburu kepala

Tugas utama seorang headhunter adalah mencari dan merekrut kandidat yang tepat untuk posisi tertentu di perusahaan. Lulusan Psikologi memiliki keunggulan dalam memahami perilaku dan karakteristik manusia, sehingga memungkinkan mereka berkontribusi dalam menganalisis dan mengevaluasi kualifikasi kandidat yang cocok untuk posisi tertentu.

4. Profiler

Prospek karir mahasiswa psikologi selanjutnya mungkin masih cukup asing bagi sebagian orang, yaitu menjadi profiler. Psikologi sering digunakan di sektor keamanan untuk membantu mengidentifikasi penjahat dengan membuat profil mereka. Oleh karena itu, mahasiswa psikologi memiliki prospek karir yang menjanjikan sebagai profiler.

5. Peserta Pelatihan Manajemen

Sebagai peserta pelatihan manajemen, lulusan psikologi menyelesaikan pelatihan untuk lebih mengembangkan keterampilan manajemen dan kepemimpinan mereka.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours