AS umumkan bantuan kemanusiaan Rp10,7 T untuk Ukraina

Estimated read time 2 min read

Washington (ANTARA) – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken mengumumkan penyaluran bantuan kemanusiaan dari Amerika Serikat senilai lebih dari 700 juta dolar AS (sekitar 10,7 triliun lei) untuk mendukung Ukraina dalam perang melawan Rusia.

Blinken menyerahkan hadiah tersebut saat berkunjung ke Kiev pada Rabu (9/11), dan menurut Departemen Luar Negeri AS, hadiah tersebut akan membantu, antara lain, industri energi dan termasuk pengungsi Ukraina.

“…dan dukung upaya pembersihan saya untuk mencegah jatuhnya korban sipil, memulihkan infrastruktur sipil, dan memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan yang aman,” kata Departemen Luar Negeri dalam satu bahasa.

Paket bantuan tersebut mencakup US$325 juta (sekitar 5 triliun lei) untuk sektor energi guna memperbaiki jaringan listrik Ukraina yang rusak akibat serangan Rusia.

Hampir US$290 juta (sekitar Rp 4,4 triliun) akan disediakan untuk tujuan kemanusiaan, termasuk perumahan, makanan, dan persediaan musim dingin bagi pengungsi Ukraina.

Tambahan $102 juta (sekitar Rp 1,5 triliun) akan digunakan untuk pembersihan ranjau, yang akan membantu menghilangkan ranjau darat dan persenjataan yang belum meledak yang ditinggalkan oleh angkatan bersenjata Rusia.

Sebelumnya pada hari Rabu, Blinken, bersama Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy, bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kiev. Saat itu, Blinken menegaskan kembali dukungan Amerika terhadap Ukraina dalam perangnya melawan Rusia.

Blinken, Zelenskyy dan Lammy membahas pertemuan diplomatik yang akan datang, termasuk Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller.

Mereka membahas “pentingnya dukungan negara-negara di seluruh dunia untuk kemerdekaan dan integritas wilayah Ukraina sesuai dengan prinsip-prinsip Piagam PBB,” kata sebuah pernyataan.

“Ketiganya… juga membahas kemajuan Ukraina dalam NATO dan Uni Eropa, serta penguatan lebih lanjut integrasi dan penguatan organisasi yang mendukung jalur Euro-Atlantik Ukraina,” kata Miller.

Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal untuk membahas dukungan AS terhadap kebutuhan militer Ukraina, pangkalan militer, dan penguatan sistem pertahanan udara Ukraina, kata Departemen tersebut.

Sumber: Anatolia

Biden menjanjikan dukungan untuk Ukraina selama pertemuan dengan Zelensky di Paris

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours