Kalsel borong empat emas berkuda pada PON XXI

Estimated read time 2 min read

Banjarmasin (ANTARA) – Kontingen Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meraih empat medali emas, satu perak, dan satu perunggu cabang olahraga berkuda pada Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut (PON) 2024 yang digelar di Lapangan Blang Bebangka, Aceh Tengah. Sakit.

“Dengan penampilan ini, kontingen Kalimantan Selatan berhasil meraih juara kedua umum PON XXI Berkuda. Sedangkan juara umum DKI Jakarta meraih empat emas dan dua perak, kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan Bambang Heri. Purnama, dalam keterangannya di Banjarmasin, Jumat.

Dijelaskannya, kunci sukses atlet berkuda asal Kalimantan Selatan ini adalah latihan keras dan konsisten melalui persiapan jangka panjang dan matang.

“Kami memiliki pola latihan khusus dan teknik yang dipelajari selama proses latihan diterapkan saat bertanding dan hasilnya sukses meraih enam medali sekaligus,” ujarnya.

Bambang mengatakan empat medali emas diraih oleh joki Risky Rorimpandey dengan kudanya Bintang Junior dan kudanya Lovely Sion di Kelas F 1.00m dan Kelas C 1.100m, joki Salman Farid dengan kudanya Felice di Kelas A 1.300m dan joki Agung Saidhil Ada dengan Kuda Herbie Quinn di Kelas D 1.400m.

Sedangkan medali perak diraih joki Agung Saidil Adda pada kuda all star Exodus kelas B 1.200m dan medali perunggu diraih joki Salman Said pada kuda bintang kelas A 2.200m.

Kemudian di Kelas C 1.600, Kalimantan Selatan gagal meraih medali setelah finis di posisi keempat. Meski demikian, Bambang mengaku bangga dengan prestasi para atlet berkuda Kalsel yang sukses menyumbangkan enam medali sekaligus di MON kali ini.

Usai penyerahan medali, Bambang pun memberikan bonus sebesar Rp10 juta untuk setiap medali yang diraih setiap atlet berkuda se Kalsel.

Tim Latihan Kuda Kalsel Ardi mengatakan, kontingen Kalsel di PON XXI menurunkan 12 ekor kuda.

“Saingan kita Jakarta yang berhasil menjadi juara umum mempertandingkan 21 kuda. Performa Kalsel terbilang luar biasa dibandingkan kontingen Jabar yang menurunkan 19 kuda, kata Ardi.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours