Papua Hujan Ekstrem, Distrik Dekai Yahukimo Diterjang Banjir 1 Meter

Estimated read time 2 min read

Yahokimo – Distrik Dekai, Kabupaten Yahokimo, Provinsi Pegunungan Papua dilanda banjir dan ketinggian air mencapai 50 hingga 100 cm. Kawasan tersebut terendam banjir sejak Jumat, 2 Agustus 2024 dan perlahan surut.

Banjir yang melanda pemukiman warga di Distrik Dekai disebabkan oleh hujan deras dengan intensitas tinggi dan durasi berkepanjangan di Kabupaten Yahokimo selama beberapa pekan terakhir.

Abdul Makhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengatakan pada Senin (08/05/2024), “Hujan yang turun selama beberapa hari menyebabkan banjir dengan ketinggian air mencapai 50 hingga 100 cm. terendam.”

Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Yahokimo, kata Mehri, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut. Dilaporkan juga tidak ada warga yang dievakuasi. Namun memang banyak fasilitas yang terdampak.

Kerugian finansial, beberapa rumah terendam, dua jembatan rusak, dua tempat ibadah terdampak, serta satu kantor polisi dan satu fasilitas kesehatan ikut terdampak. Sawah dan kebun juga ikut rusak, ujarnya.

BPBD Kabupaten Yahukimo berkoordinasi dengan kabupaten untuk melakukan pendataan dan memberikan informasi terkini kepada masyarakat. Saat ini, pemerintah daerah dan BPBD terus memantau situasi dan memberikan bantuan.

Sementara itu, BMKG telah memperingatkan kemungkinan hujan lebat di Provinsi Pegunungan Papua dengan status peringatan mulai Jumat, 2 Agustus 2024. Provinsi Pegunungan Papua bereaksi cepat dengan segera meneruskan informasi tersebut ke BPBD Kabupaten/Kota.

“Untuk mencegah banjir, BNPB mengimbau Pemerintah Kabupaten Yahokimo dan masyarakat di wilayah rawan banjir untuk memperbaiki dan membangun saluran drainase agar air hujan mudah mengalir,” kata Mehri.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours