PNM targetkan bantuan modal usaha untuk 72.463 pelaku UMKM di Demak

Estimated read time 2 min read

Demak (ANTARA) – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menargetkan penyaluran pinjaman modal usaha kepada 72.463 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Demak, Jawa Tengah pada tahun 2024 agar usahanya semakin berkembang.

“Tujuan kami agar pelaku usaha mendapat pinjaman modal dari PNM untuk meningkatkan daya saing dan naik peringkat,” kata Kepala Cabang PNM Semarang Hafiludin Kurniawan. Temac Expo 2024 telah dimulai pada hari Rabu di Sport Center Yard.

Dengan naik kelasnya seorang pelaku usaha maka pinjaman modal usahanya akan semakin besar sehingga ia dapat mengajukan pinjaman kepada lembaga perbankan karena usahanya memenuhi syarat untuk memenuhi kemampuan atau kapasitas bank dan kebutuhan bank.

Ia mengatakan, hingga saat ini terdapat 69 ribu 406 nasabah yang menyasar 72 ribu 463 nasabah. Sedangkan jumlah yang dicairkan mencapai Rp 13,3 miliar.

Sedangkan limit pembiayaan mulai dari Rp3 juta hingga Rp15 juta, sesuai kebutuhan modal masing-masing nasabah.

Ia mengatakan, dirinya mendapat amanah khusus dari pemerintah untuk mendukung dan memberdayakan masyarakat kecil yang identik dengan masyarakat kurang mampu.

“Sasarannya adalah ibu-ibu yang sudah menikah dan ingin memulai usaha atau pernah mempunyai usaha dan ingin menghidupkannya kembali. Kemudian kita bisa memfasilitasi modal usaha,” ujarnya.

Untuk mengakses program pembiayaan dari PNM, calon nasabah juga perlu bergabung dalam kelompok tersebut karena bantuan pinjaman modal tidak ada jaminan. Sedangkan untuk Kabupaten Demak terdapat 12 outlet perwakilan PNM yang nantinya akan mempromosikan usahanya kepada pelanggan.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours