Daftar Bunga Paling Langka di Dunia, Nomor 1 Diyakini Kesukaan Nyi Roro Kidul

Estimated read time 3 min read

JAKARTA – Dunia dipenuhi bunga dengan berbagai jenis dan warna yang indah. Di antara ribuan varietasnya, terdapat deretan bunga langka yang selalu dicari orang. Salah satunya adalah bunga Wijaya Kusuma yang dianggap memiliki nilai magis dan disukai oleh Nyi Roro Kidul.

Bunga paling langka di dunia ini konon punya banyak keistimewaan, mulai dari yang mekar hanya sekali dalam puluhan tahun hingga yang mekar hanya dalam beberapa jam saja.

Dilansir Star Insider, Kamis (26 September 2024), berikut daftar bunga paling langka di dunia: 1. Bunga Wijaya Kusuma

Nama latin bunganya adalah Epiphyllum oxypetalum atau dikenal juga dengan nama Queen of the Night atau Dutch Pipe Cactus. Varietas kaktus yang populer ini terkenal dengan bunganya yang besar dan harum yang mekar hanya satu malam beberapa jam setiap tahunnya.

Di Indonesia, bunga Wijaya Kusuma sering dijadikan sebagai objek ritual dan dipercaya memiliki kekuatan magis. Mulai dari mitos yang melambangkan kemakmuran, peningkatan status, dan perolehan jodoh, hingga bunga kesayangan Ratu Pantai Selatan.

2. Bunga bangkai

Bunga bangkai yang juga dikenal dengan nama Titan Arum ini hanya mekar satu kali dalam beberapa dekade. Tingginya bisa mencapai 3,6 m tetapi tidak memiliki akar dan hanya kelopak berbentuk kerucut yang besar. Namanya didapat dari bau busuk yang dikeluarkannya saat mekar, mirip dengan bangkai, untuk menarik lalat dan kumbang. Bunga ini banyak ditemukan di wilayah Indonesia. Salah satunya terletak di Kebun Raya Ciboda.

3.Anggrek Hantu

Bunga ini mendapatkan namanya dari bentuk kelopaknya. Anggrek hantu (dendrophylax lindenii) merupakan salah satu bunga paling langka di dunia karena membutuhkan suhu dan kelembapan tinggi untuk tumbuh. Bunga ini ditemukan di Kuba, Florida dan Bahama. Karena kondisi khusus yang diperlukan, hampir tidak mungkin tumbuh di luar habitat aslinya. Bunga ini hanya mekar selama tiga minggu pada bulan April hingga Agustus.

4.Juliet Ross

Mawar Juliet dianggap sebagai salah satu bunga paling langka di dunia karena peternak mawar David Austin menghabiskan 15 tahun dan $4,3 juta untuk menanam bunga tersebut di Inggris. Mawar ini memiliki kelopak bunga persik dan aprikot yang indah.

5. Anggrek Sepatu Rothschild

Anggrek sepatu Rothschild bernilai ribuan dolar. Bunga ini dianggap sebagai salah satu bunga paling langka di dunia. Ia hanya tumbuh di ketinggian 1.640 kaki (500 m) dan hanya di hutan hujan Gunung Kinabalu. Anggrek ini juga membutuhkan waktu 15 tahun untuk mekar.

6. Cokelat Kosmos

Bunga kosmos berwarna coklat kemerahan dan mengeluarkan aroma coklat yang kaya saat mekar penuh. Bunga ini mekar pada malam hari di penghujung musim panas dan tidak menghasilkan biji. Bunga asli Meksiko ini sudah tidak ditemukan lagi di alam liar.

7. Minyak Tambura

Bunga parasit kecil asal China dan Taiwan ini awalnya ditemukan tumbuh di daun palem aracea. Bunga putih langka ini, berukuran kurang dari satu milimeter, mekar setiap 3.000 tahun sekali dan oleh karena itu memiliki arti khusus dalam agama Buddha.

8. Bunga kelelawar hitam

Bunga kelelawar hitam atau Tacca Chanrieri merupakan bunga terunik di dunia karena warnanya. Dinamakan demikian karena penampilannya yang seperti kelelawar, termasuk benang sari yang panjang, terkulai, seperti kumis, dan ditemukan di Asia Tenggara yang lembab.

9.Fujimoto Tama

Tanaman merambat zamrud hanya dapat ditemukan di hutan tropis Filipina. Bunganya, berwarna giok, berbentuk cakar, langka dan terancam oleh penggundulan hutan.

10.Paruh burung beo

Paruh burung beo merupakan bunga langka yang tumbuh di tanaman merambat endemik Kepulauan Canary. Bunganya memiliki warna kuning cerah dan oranye yang berbeda.

11. Ratu Andes

Puya raimondii, atau Ratu Andes, ditemukan di Pegunungan Andes di Bolivia dan Peru pada ketinggian antara 10.500 dan 15.750 kaki (3.200 dan 4.800 meter).

Bunga ini hanya mekar sekali dalam seratus tahun kehidupan. Karena lingkungan yang keras, bunga ini dapat mekar selama beberapa dekade. Namun ia berkembang, menghasilkan delapan hingga dua belas juta benih dan ribuan bunga. Tanaman yang terancam punah ini mati setelah berbunga.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours