Survei Pilkada Kabupaten Tangerang, Maesyal-Intan Ungguli Romli-Irvansah

Estimated read time 3 min read

TANGERANG – Empat pusat kajian merilis hasil calon baru Pilbup Tangerang 2024 pada kontestasi kali ini, Moch Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah dan Mad Romli-Irvansah dinilai terkuat.

Lembaga penelitian yang mempublikasikan hasil tersebut adalah Lembaga Penelitian Indonesia (LSI), Kebijakan Politik Indonesia, Pandawa Research, Lembaga Penelitian Indonesia (ASI). Dalam studi LSI, dalam self-test terhadap 11 nama, terdapat dua kandidat yang lebih populer dan konsisten.

Moch Maesyal Rasyid dan Mad Romli (H Ombi) berada di urutan teratas daftar. Perbedaan dukungan keduanya tidak jauh berbeda saat ini. Sebaliknya, Maesyal Rasyid mendapat 40,6% dan Mad Romli (37,5).

Survei terhadap simbol politik Indonesia menunjukkan Maesyal Rasid mendapat komentar terbanyak dari masyarakat. Simulasi mental ini merupakan simulasi untuk mengukur reliabilitas responden dan keacakan dalam menjawab calon pilihannya pada saat survei dilakukan.

Maesyal Rasyid memimpin dengan 22,3 persen, disusul Mad Romli dengan 13,6 persen, sedangkan nama-nama lainnya memiliki persentase kecil. 53,9% responden ragu-ragu.

Survei Pandawa menunjukkan Mochamad Maesyal Rasyid memimpin dengan dukungan 33,4%, kuat 21,0%, dan perkiraan 66,1%. Di posisi kedua ada Mad Romli yang mendapat dukungan 24,3%, pendukung kuat 11,7%, dan jumlah kontribusi 76,4%.

Survei ASI menunjukkan Maesyal Rasyid mendapat 42,2% (atas), disusul Mad Romli dengan 33,2%. Sedangkan yang tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 24,7 persen.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 4.560 responden yang dipilih dengan metode random-stage sampling. Survei dilakukan mulai 28 Juli 2024 hingga 3 Agustus 2024

Sampel diperoleh dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang yang tersebar merata. Sampel sebanyak 400 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan margin of error kurang lebih 5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Diketahui, partai pengusung Maesyal Rasyid-Intan Nurul Hikmah antara lain Gerindra, PKS, NasDem, PKB, dan PAN. Projo Banten juga didukung oleh Moch Maesyal Rasyid. Zulhamedi, Ketua Pengurus Daerah Projo Banten memberikan kepastian tersebut.

Moch Maesyal Rasyid merupakan seorang pegawai negeri sipil (ASN) dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang. Pada awal Juli 2024, Maesyal resmi mengundurkan diri dari jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang.

Saat ini, Intan Nurul Hikmah menjadi salah satu pimpinan Partai Golkar yang diusung DPP Golkar pada Pilkada Kabupaten Tangerang. Intan berpeluang besar mendapat dukungan perempuan karena pengalaman politiknya sebagai mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang pada 2009 hingga 2014.

Ia juga aktif dalam berbagai proyek kemasyarakatan, khususnya pemberdayaan perempuan melalui UKM. Sebagai Coach Kang Nong Kabupaten Tangerang, Intan dikenal dekat dengan generasi milenial dan Gen-Z serta berperan dalam mengembangkan bakat dan potensi remaja putri di Kabupaten Tangerang.

Di bidang olah raga, ia bekerja sebagai Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Tangerang. Jika Intan Nurul Hikmah maju di Pilkada Kabupaten Tangerang pada 27 November mendatang, ia berpeluang besar mendapat dukungan signifikan dari perempuan dan Jenderal Z.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours